PENGGUNA WHATSAPP DIMINTA WASPADAI PESAN PALSU HADIAH DARI AMAZON

Aplikasi pesan WhatsApp meminta penggunanya untuk tetap waspada terhadap pesan palsu yang beredar, khususnya yang berisi tawaran hadiah gratis dari Amazon. Pesan penipuan itu beredar dan mengklaim bahwa raksasa e-commerce itu menawarkan hadiah gratis sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-30.

Dikutip Express UK, Minggu, 28 Maret 2021, pesan itu berisi sebuah tautan. Pengguna diberitahu bahwa mereka perlu mengisi survei yang hanya membutuhkan satu menit agar memenuhi syarat untuk mendapatkan Huawei Mate 40 Pro 5G gratis. 

Bahkan, untuk mencoba menarik lebih banyak orang agar mengisi survei, pesan juga dilengkapi dengan pengatur waktu palsu yang menunjukkan berapa lama pengguna WhatsApp harus mengklaim tawaran itu. 

Setelah memasukkan detail pribadi, situs web pengguna WhatsApp telah diarahkan untuk menampilkan kotak di layar yang perlu mereka klik. Begitu memenangkan hadiah itu, orang-orang yang menjadi sasaran penipuan diberitahu untuk meneruskan ‘tawaran’ tersebut ke lima grup WhatsApp atau 20 teman. 

Pengguna juga diberitahu untuk mengunduh aplikasi sehingga mereka mengklaim ‘hadiah gratis’ mereka. Tapi, laporan Livemint menerangkan, ini semua adalah bagian dari penipuan rumit untuk mencoba dan membuat orang menyerahkan detail pribadinya.

Selain itu, Amazon juga tidak mengadakan perayaan ulang tahun ke-30 saat ini. Pada kenyataannya raksasa ritel tersebut belum melewati ambang batas tiga dekade.  Amazon didirikan pada 1994, jadi Amazon akan menandai ulang tahunnya yang ke-30 pada Juli 2024. Saat ini sebagian besar laporan tentang penipuan ini berasal dari India, tapi berisiko menyebar ke semua pengguna.

Jika menerima pesan ini, jangan masukkan detail pribadi apa pun dan jangan teruskan ke kontak WhatsApp mana pun. Ketika menerima pesan seperti itu, itu menawarkan hadiah yang tidak sah.

 

Disadur : https://tekno.tempo.co/read/1447010/pengguna-whatsapp-diminta-waspadai-pesan-palsu-hadiah-dari-amazon/full&view=ok

 

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × two =