PSM MAKASSAR MENUJU PIALA MENPORA 2021: PEMAIN LOKAL JADI ANDALAN UNTUK MENGINTIP PELUANG BIKIN KEJUTAN

Materi pemain PSM Makassar menghadapi Piala Menpora 2021 tidak sementereng ketika berkiprah di Liga 1. Satu yang paling mencolok, manajemen Juku Eja memutuskan tidak menggunakan jasa pemain plus pelatih asing pada ajang pramusim ini.

Saat masih ada bayang-bayang sanksi FIFA karena tunggakan gaji pemain asal Brasil, Giancarlo Rodrigues, langkah yang dilakukan PSM Makassar untuk Piala Menpora 2021 ini terbilang realistis.

Selain tanpa pemain asing, manajemen PSM juga tidak bisa berbuat banyak untuk menahan kepergian sejumlah pilar lokal musim 2020 yang memilih pergi dan bergabung dengan tim lain.

Dalam sesi latihan yang digelar sejak Minggu (7/3/2021), tidak ada lagi nama Miswar Saputra, Asnawi Mangkualam, Leo Guntara, Ahmad Agung, Firza Andika, Ronny Beroperay, Osas Saha, Ferdinand Sinaga, Irsyad Maulana, Ezra Walian, dan Bayu Gatra.

Meski dalam kondisi minor, PSM dinilai punya potensi membuat kejutan. Minimal, skuat Juku Eja bisa menyulitkan para pesaing di Grup B Piala Menpora 2021 yang dihuni tiga tim lainnya, yaitu Bhayangkara FC, Persija Jakarta, dan Borneo FC. Alasannya, PSM masih memiliki sejumlah nama yang familiar di pentas sepak bola Indonesia.

Ada Zulkifli Syukur, Hasim Kipuw, Hendra Wijaya, Nurhidayat Haji Haris, Hilmansyah, Rizky Eka Pratama, Muhammad Arfan, Rasyid Bakri, Patrich Wanggai, Zulham Zamrun, dan Sutanto Tan. Selain itu, juga ada Yakob Sayuri dan Rizky Pellu yang baru pulang dari pemusatan latihan Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021 yang sudah kembali bergabung dalam latihan PSM.

Sejatinya, PSM bukan pertama kali bermateri murni pemain dan pelatih lokal menghadapi sebuah turnamen bergengsi di Tanah Air. Mereka pernah melakukannya pada Piala Presiden 2015.

Ketika itu, Juku eja yang ditangani pelatih asal Makassar, Assegaf Razak, mengandalkan pemain lokal, seperti Syamsul Chaeruddin, Rasyid Bakri, Ardan Aras, Hendra Wijaya, Dimas Galih, Maldini Pali, dan Muchlis Hadi Ning Syaifulloh. Hasilnya PSM lolos dari fase grup, tapi gagal ke semifinal karena kalah gol agregat dari Mitra Kukar pada babak delapan besar.

Pengalaman di Piala Presiden 2015. membuat PSM tidak minder untuk bersaing di Piala Menpora 2021. Seperti dikatakan Syamsuddin Batola, pelatih yang diplot menangani Zulkifli Syukur dkk.

“Saya sudah menekankan kepada para pemain agar menjadikan Piala Menpora sebagai wadah untuk unjuk kemampuan. Caranya adalah kerja keras serta menjaga kebersamaan dalam latihan dan pertandingan,” ujar Syamsuddin yang ketika masih berstatus sebagai pemain juga mampu membawa PSM Makassar meraih trofi juara Liga Indonesia 1999/2000.

 

Komposisi Skuad

Kalau menilik materi pemain yang tengah mengikuti latihan di PSM Makassar hingga Senin (15/3/2021), wajar kalau Syamsuddin sedikit percaya diri menatap persaingan di Grup B yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Bola.com membedah kekuatan antarlini PSM mulai dari penjaga gawang yang dihuni dua kiper yang memiliki pengalaman di Liga 1, yakni Hilmansyah dan Syaiful Syamsuddin.

Sementara di lini belakang, nama-nama seperti Hendra Wijaya, Zulkifli Syukur, Nurhidayat Haji Haris, Ahmad Hari, Dedi Gusmawan, dan Hasim Kipuw bisa diandalkan untuk meredam serangan lawan.

Untuk di lini tengah, tanpa sang kapten Wiljan Pluim yang masih berada di Belanda, kekuatan PSM tetap menjanjikan. Masih ada M. Arfan dan Rasyid Bakri, dua gelandang asal Makassar yang dikenal sebagai petarung di lapangan hijau. Belum lagi kalau Rizky Pellu kembali bergabung.

Dalam sesi latihan, Syamsuddin terlihat mencoba Zulham Zamrun berperan sebagai gelandang serang seperti yang selama ini dilakoni Wiljan Pluim. Kehadiran Sutanto Tan juga bisa menjadi opsi yang bagus di lini ini.

Zulham diberi peran tersebut karena di posisi sayap PSM masih punya sejumlah nama, seperti Rizky Eka Pratama, Aji Kurniawan dan Saldy Amiruddin, plus Yakob Sayuri. Mereka akan memanjakan penyerang tunggal, Patrich Wanggai, yang dikenal kuat dalam berduel dengan bek lawan.

 

Peluang di Piala Menpora

Durasi persiapan tim peserta di Piala Menpora yang relatif tidak beda jauh, sejatinya membuat peluang mereka juga nyaris sama. Seperti diungkap Patrich Wanggai kepada awak media Makassar usai sesi latihan perdananya bersama PSM Makassar.

“Saya memilih PSM karena karakter kuat yang dimiliki tim ini. Apalagi kali ini PSM diperkuat mayoritas pemain asli Makassar dan Indonesia Timur. Kondisi ini lebih memudahkan saya beradaptasi,” terang Patrich Wanggai.

Tak hanya Patrich, Sutanto Tan yang baru bergabung juga menyimpan keyakinan sama. Gelandang yang musim lalu berkostum PSMS Medan ini optimistis Juku Eja membuat kejutan di penyisihan Grup B, termasuk saat PSM menghadapi mantan klubnya, Persija Jakarta pada hari pertama laga Grup B di Stadion Kanjuruhan Malang, Senin (22/3/2021).

“Secara pribadi saya sangat menantikan laga melawan Persija. Apalagi, ini laga resmi perdana setelah setahun tak bertanding,” kata Sutanto.

 

Skuad PSM Makassar di Piala Menpora 2021

Kiper: Hilmansyah, Syaiful Syamsuddin, Reza Arya Pratama

Belakang: Zulkifli Syukur, Hasim Kipuw, Hendra Wijaya, Ahmad Hari, Erwin Gutawa, Nurhidayat Haji Haris, Fajri Adriansyah,Dedi Gusmawan, Renaldi, Lukas Guruh

Tengah: Rasyid Bakri, M. Arfan, Yance Sayuri, Sutanto Tan, Rizky Pellu, Ferdinand Ayomi, Ridwan Jamal

Depan: Zulham Zamrun, Rizky Eka, Aji Kurniawan, Saldy Amiruddin, Patrich Wanggai

 

Disadur : https://www.bola.com/indonesia/read/4507427/psm-makassar-menuju-piala-menpora-2021-pemain-lokal-jadi-andalan-untuk-mengintip-peluang-bikin-kejutan

Bagikan Postingan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *