MINUMAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT DEHIDRASI, BISA MENAMBAH RASA HAUS

Tubuh kita sebagian besar terdiri dari air, sehingga penting bagi kita untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Ketika tubuh kekurangan cairan, Anda bisa mengalami dehidrasi, yang pada akhirnya akan mengakibatkan gangguan kesehatan lainnya.

Dehidrasi merupakan kondisi di mana tubuh Anda kekurangan cairan tubuh. Ketika mengalami dehidrasi, ada beberapa gejala yang akan muncul, seperti merasa haus, warna urin berubah menjadi pekat dan lebih gelap, bibir menjadi kering, serta tubuh seperti ingin pingsan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menambahkan asupan cairan di dalam tubuh dengan minum. Tapi, Anda juga jangan sampai salah memilih asupan cairan. Karena ada beberapa minuman yang harus dihindari saat dehidrasi karena dapat menambah rasa haus dan memperparah dehidrasi.

Dalam artikel kali ini, kami akan menyampaikan apa saja jenis minuman yang harus dihindari saat dehidrasi, yang dikutip dari laman tasteofhome.

Soda

Minuman yang harus dihindari saat dehidrasi yang pertama adalah soda. Minuman ringan sering kali mengandung kafein, yang merupakan penyebab dehidrasi. Terlebih adanya kandungan gula dan natrium yang buruk juga untuk tulang dan gigi Anda. Gantilah soda dengan air soda jika Anda menyukai minuman berkarbonasi agar tetap tetap dapat memberikan cairan yang dibutuhkan tubuh Anda.

Anggur dan Minuman Keras

Minuman yang harus dihindari saat dehidrasi yang kedua adalah minuman anggur dan minuman keras. Minuman beralkohol apa pun yang memiliki kandungan alkohol lebih dari 10 persen adalah dehidrator, yang berarti lebih banyak cairan akan meninggalkan sistem Anda daripada yang diserap oleh tubuh. Sebagian besar anggur juga memiliki sekitar 12 persen kandungan alkohol, yang berarti lebih baik daripada minuman keras (37 persen), tetapi lebih buruk dari bir (4-5 persen). Solusinya, jangan minum minuman beralkohol.

Cokelat Panas

Minuman yang harus dihindari saat dehidrasi yang ketiga yaitu cokelat panas. Satu cangkir cokelat panas mengandung lebih banyak gula dan kalori daripada sekaleng soda, sehingga membuat sistem Anda dapat mengalami dehidrasi. Tapi, Anda juga bisa sesekali minum cokelat panas ketika mengonsumsi makanan lain yang menawarkan manfaat hidrasi bagi tubuh.

Kopi

Minuman yang harus dihindari saat dehidrasi yang keempat adalah kopi. Dalam jumlah sedang, kopi mungkin tidak akan mengakibatkan masalah kesehatan, meski begitu, ketika Anda mengonsumsi cangkir kedua, tubuh Anda mungkin akan mulai bereaksi.

Minum lebih dari 200-300 miligram kafein, atau setara dengan dua hingga tiga cangkir kopi, telah terbukti menyebabkan dehidrasi. Untuk menjaga diri Anda tetap aman, beralihlah ke kopi tanpa kafein atau batasi diri Anda hanya dengan satu atau dua cangkir kopi.

Limun

Minuman yang harus dihindari saat dehidrasi yang kelima adalah limun. Meskipun rasa manis dan asam bisa menggoda saat musim panas, limun yang dikemas dengan gula tidak memberikan banyak manfaat bagi kebutuhan tubuh Anda. Tukar cairan ini dengan air yang direndam dengan irisan lemon dan Anda akan merasa jauh lebih sehat.

Minuman Berenergi

Minuman yang harus dihindari saat dehidrasi yang berikutnya adalah minuman berenergi. Dikemas dengan kafein, pemanis buatan dan bahan kimia yang rumit, minuman energi tidak akan memberi efek yang melembapkan. Jika Anda ingin mendapatkan energi sambil tetap minum lebih banyak cairan, akan lebih baik untuk mengonsumsi teh.

Teh Manis

Meski terlihat menyegarkan di musim panas, tapi dalam hal hidrasi, teh manis tidak terlalu berguna. Jumlah tambahan gula dalam minuman ini akan membatalkan manfaat dari antioksidan teh, sehingga membuat minuman ini lebih seperti makanan penutup daripada minuman. Tapi, bukan berarti Anda tidak bisa meminumnya, hanya saja Anda harus minum banyak air dengannya juga.

Jus Buah

Minuman yang harus dihindari saat dehidrasi yang terakhir adalah jus buah. Sama seperti soda, jus buah komersial, yang biasanya mengandung banyak kalori kosong, dapat meningkatkan tingkat dehidrasi Anda. Jus buah dan minuman buah juga tinggi karbohidrat, sehingga dapat mengganggu perut dan memperparah gejala dehidrasi.

 

Disadur : https://www.merdeka.com/jabar/8-minuman-yang-harus-dihindari-saat-dehidrasi-bisa-menambah-rasa-haus-kln.html?page=5

Bagikan Postingan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *