10 MARET BERDIRINYA PARFI

Bandung, BarayaKita  —  Anda mungkin sering mendengar lembaga PARFI. Untuk diketahui, PARFI adalah Persatuan Artis Film Indonesia. Sekilas kita ingatkan kembali bahwa PARFI didirikan pada 10 Maret 1956. Tokoh pendiri Parfi adalah Umar Ismail dan Djamaludin Malik.

Jauh sebelum Parfi berdiri, para pemain dan pekerja film di Indonesia sudah punya keinginan dalam mendirikan organisasi profesi tentang dunia film. Pada tahun 1940, sudah dibentuk Sarikat Artis Indonesia (Sari), lalu pada 1951 lahir Persatuan Artis Film dan Sandiwara Indonesia (Persafi) dan akhirnya berdiri Parfi pada sebuah kongres di Maret 1956.

Industri film adalah salah satu industri yang terdampak sangat berat yang harus dipikul oleh para pelakunya di masa pandemi Covid-19 saat ini. Para pelaku industri film harus berjuang keras untuk tetap menghasilkan karya film di tengah keterbatasan ruang gerak mereka, dan bertahan hidup di masa sulit ini.

Selamat Hari PARFI, Persatuan Artis Film Indonesia. (EdM)

 

Sumber : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/332835/sejarah-hari-ini-10-maret-berdirinya-parfi-kota-bekasi-dan-the-blues-chelsea

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *