118 RIBU LANSIA DI KOTA BANDUNG MULAI DIVAKSIN COVID-19

Pemerintah Kota Bandung mulai menyasar masyarakat lanjut usia (lansia) untuk disuntik vaksin COVID-19.  Penyuntikan vaksin terhadap lansia di Kota Bandung di mulai hari ini di beberapa rumah sakit.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rosye Arosdiani mengatakan,  Dinkes menargetkan sebanyak 118 ribu orang disuntik vaksin. Jumlah itu berdasar pada data lansia yang mendaftar untuk divaksin.

“Total lansia di Kota Bandung sebetulnya hampir 300 ribu dan vaksin yang kami terima untuk lansia untuk dosis 1 ini adalah di sekitar 118 ribu,”  ujar Rosye di Rumah Sakit Al Islam, Jumat (26/2/2021).

1. Penyuntikan dilakukan bertahap

Lansia yang sudah terdaftar untuk divaksin nantinya akan mendapatkan pemberitahuan melalui telefon dari rumah sakit. Lansia selanjutnya akan diskrining untuk proses verifikasi selanjutnya.

“Hari ini sudah ada 36 yang terverifikasi. Karena dilakukan pengecekan by telfon oleh rumah sakit. Jadi memang bertahap, tidak bisa semua dilakukan dalam satu bulan ini,” kata Rosye.

2. Vaksinasi lansia ditarget rampung Juni 2021

Proses vaksinasi pada tahap dua di termin pertama yang dilakukan kepada lansia ini ditargetkan rampung sebelum termin kedua. Sementara pendaftaran vaksin akan terus dibuka sampai jatah vaksin lansia habis.

“Pendataan masih terus berjalan, bisa lewat link langsung yang dari kemenkes, nanti mereka pun akan memberikan feedback nya kepada kami. Dan kami akan mengecek ulang,” ungkapnya.

“Kita akan melakukan vaksinasi untuk tahap dua yaitu untuk lansia dan pemberi pelayanan publik ini sampai bulan Juni minggu ke dua,” imbuhnya.

3. Ada lansia yang tidak bisa divaksin

Rosye menjelaskan, tidak semua lansia bisa lolos verifikasi untuk disuntik vaksin. Tenaga kesehatan vaksinasi harus menelusuri riwayat penyakit para peserta vaksin. Jika didapati ada lansia yang tidak bisa divaksin, mereka akan disarankan untuk menjalani pengobatan sampai sehat dan layak divaksin.

“Ada beberapa karakteristik lansia yang tidak bisa dilakukan vaksinasi. Kita harus juga pastikan mereka mendapat vaksinasi secara aman,” jelasnya.

4. RS Al Islam siapkan 60 jatah vaksin setiap hari

Sementara itu, Direktur Utama Rumah Sakit Al Islam dr Muhammad Iqbal menyampaikan, ada perbedaan teknis dalam proses vaksinasi terhadap lansia. Jika sebelumnya jarak vaksinasi dosis pertama dan kedua pada tenaga kesehatan hanya 14 hari, namun jarak penyuntikan dosis pertama dan kedua pada lansia sampai 28 hari.

“Setiap hari kami mencadangkan 60 orang yang divaksinasi, kita buat tiga gelombang, pagi-siang-sore supaya satu sesinya hanya 20 orang,” kata Iqbal.

 

Sumber : https://jabar.idntimes.com/news/jabar/bagus-f/118-ribu-lansia-di-kota-bandung-mulai-divaksin-covid/4

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 3 =