AKSI CEPAT TANGGAP LAUNCHING GERAKAN SEDEKAH PANGAN NASIONAL

Bandung, Barayakita  —  Persoalan pangan bagi bangsa Indonesia, dan bangsa-bangsa lainnya di dunia ini merupakan persoalan yang sangat mendasar dan sangat menentukan nasib dari suatu bangsa. Serikat Petani Indonesia menerangkan, salah satu solusi bagi persoalan pangan ini adalah kedaulatan pangan, di mana pemenuhan hak atas pangan yang berkualitas gizi baik dan sesuai secara budaya, diproduksi dengan sistem pertanian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Aksi Cepat Tanggap (ACT) melalui Gerakan Sedekah Pangan Nasional (GSPN) kembali mengajak masyarakat untuk terus meluaskan program ketahanan pangan guna merubah peradaban dunia yang lebih baik. Peluncuran GSPN oleh ACT ini dilaksanakan pada Rabu, 24/02/2021 di Bogor, mulai Pukul 10.00 WIB, yang dilakukan secara virtual dan diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat dan diliput oleh berbagai media cetak dan elektronik.

Disampaikan oleh Ketua Dewan Pembina ACT, Ahyudin, yang menyatakan bahwa permasalahan pangan dari hulu ke hilir ini mendorong Aksi Cepat Tanggap untuk bergerak lebih total dalam memulihkan kondisi tersebut. Gerakan Sedekah Pangan Nasional diinisiasi untuk mengajak masyarakat terlibat dan meluaskan program-program pangan ACT dan Global Wakaf yang ditujukan untuk menciptakan ketahanan serta kedaulatan pangan bangsa. Kemudian Ahyudin juga menambahkan, bahwa tidak ada obat yang ampuh untuk semua jenis penyakit, termasuk penyakit peradaban bangsa, yang tidak lain jawabannya itu adalah sedekah. Sedekah menjadi komponen utama dalam gerakan tersebut.

Presiden ACT, Ibnu Khajar, menjelaskan, pangan menjadi fokus utama gerakan tersebut mengingat pangan adalah salah satu sumber kehidupan primer. Ia menjelaskan, bahkan Allah SWT selalu menyerukan besarnya pahala tentang memberi pangan ke orang lain.

“Maka dari itu, ACT salah satu fokusnya ialah pemenuhan pangan bagi masyarakat yang membutuhkan, mulai dari produsen pangan hingga konsumen pangan,” begitu dijelaskan oleh N. Imam Akbari selaku Presiden Global Wakaf – ACT.

“Dengan demikian, Gerakan Sedekah Pangan Nasional diharapkan menjadi salah satu langkah mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan. Pangan yang tercukupi dari hulu ke hilir, Insya Allah akan mengantarkan bangsa ini menjadi bangsa produsen pangan.” Ujar Imam Akbari.

“Bismillah, bersama-sama kita targetkan 50 juta penerima manfaat, 5 juta donatur dan 1 juta relawan terlibat dalam gerakan masif multi manfaat dari Gerakan Sedekah Pangan Nasional. Jadilah bagian dari gerakan ini, yang terbuka untuk umum. Setiap orang, artis selebritis, tokoh, ulama, masjid, sekolah, perguruan tinggi, komunitas, perusahaan, dan setiap entitas apapun yang memiliki rasa kemanusiaan dan kepedulian terhadap kondisi bangsa dan masyarakat Indonesia,” tutup Imam.

ACT mengajak semua masyarakat untuk menyalurkan sedekahnya melalui bandungbarat.indonesiadermawan.id/sedekahpangannasional.

 

Sumber : ACT Kabupaten Bandung Barat

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 + twenty =