salam@dudimuttaqien : NASIHAT ABU HASAN KEPADA UMAR BIN KHATAB

Bandung, BarayaKita

DUDI MUTTAQIEN : NASIHAT ABU HASAN KEPADA UMAR BIN KHATAB

UMAR BIN KHATHAB sebagai khalifah meminta nashihat kepada ALI BIN ABI THALIB (umar memanggil ali dengan sebutan abu hasan),

ini nasihat abu hasan kepada umar bin khatab :

Pertama, jangan engkau jadikan keyakinanmu sebagai  suatu hal yang meragukan. Karena jika keyakinanan dipenuhi dengan keraguan, maka di situlah jalan setan untuk merasuki manusia agar keluar dari keyakinannya.

Kedua, jangan engkau jadikan ilmu yang engkau dapatkan sebagai suatu hal membuatmu bodoh. Salah satu cara agar seseorang tidak bodoh dengan ilmunya adalah mengamalkannya. Karena semakin banyak seseorang mengamalkan ilmunya maka akan semakin banyak pula ilmu yang akan didapatkannya.

Ketiga, jangan engkau jadikan prasangkamu sebagai suatu kebenaran. Karena tidak ada kebenaran dalam prasangka. Prasangka yang dijadikan sebagai kebenaran justru akan mendatangkan dosa dan menimbulkan malapetaka.

Keempat, ketahuilah bahwa tidak ada yang engkau miliki di dunia ini kecuali apa yang telah engkau berikan, apa yang engkau bagikan, dan apa yang telah engkau pakai. Ketiga hal ini telah engkau lakukan. Engkau telah memberikan hartamu kepada yang membutuhkan, membagi hak-hak rakyatmu secara merata dan memakai apa yang ada dalam bingkai kesederhanaan..

ٱلْحَقُّ مِن رَّبِّكَ فَلَا تَكُن مِّنَ ٱلْمُمْتَرِينَ

Yang benar, yang datang dari Robb mu, janganlah kamu termasuk orang-orang yang ragu-ragu. (3:60)

،اللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا، وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ. ،وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً، وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ.

Allahumma arinal haqqa haqqa warzuqnattiba’ah, wa arinal bathila bathila warzuqnajtinabah

‘’Ya Allah, tampakkanlah kepadaku kebenaran sebagai kebenaran dan kuatkanlah aku untuk mengikutinya serta tampakkanlah kepadaku kesalahan sebagai kesalahan dan kuatkan pula untuk menyingkirkannya.’‘ (HR Imam Ahmad).

Aamiiin

 

@Barayakita.online

salam@dudimuttaqien

barayakita.com

@madrasahkaryamadani

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × one =