7 JUTA WARGA JABAR DAPAT BANSOS DARI JOKOWI, INI PESAN RIDWAN KAMIL

Bandung — Sebanyak 7.421.816 keluarga penerima manfaat (KPM) Jawa Barat akan mendapatkan bantuan sosial (bansos) dari pemerintah pusat.

1.718.362 Warga akan masuk dalam daftar penerima Program Keluarga Harapan (PKH). Kemudian 3.515.180 akan menerima bansos program sembako dan 2.188.274 KPM akan menerima bantuan sosial tunai (BST).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengharapkan agar warga berpartisipasi untuk melaporkan bilamana adanya indikasi pemotongan nilai bantuan sosial dari pemerintah pusat. Menurutnya sesuai arahan Presiden Joko Widodo pemerintah daerah harus mengawal langsung agar nilai yang didapat warga utuh.

“Jadi tolong dipantau, tidak boleh ada potongan dengan alasan apa pun, ranahnya pidana akan ditindak secara tegas,” kata Ridwan di Gedung Sate, Bandung, Senin (4/1/2021).

Pihaknya meminta kepada warga penerima, agar bansos ini digunakan untuk menjaga ketahanan sosial keluarga, khususnya BST senilai Rp 300 ribu perbulan yang dibagikan untuk selama empat bulan berturut-turut.

“Presiden juga memberikan arahan agar bansos ini bisa menggerakan ekonomi daerah, tadi disampaikan juga oleh bu Mensos Risma agar ini menjadi sebuah gerakan sosial yang baik sehingga ekonomi di bawah bisa begerak dengan cepat,” katanya.

Pihaknya juga menginstruksikan agar Dinas Sosial dan perbankan yang ditunjuk sebagai penyalur bansos bisa menerapkan skema pembagian yang tepat, sehingga tidak terjadi penumpukan atau kerumunan penerima.

“Kami instruksikan bagaiaman manajemen pemanggilan antrean jangan sembarangan, jangan berkerumun, pelayanan lama maka ada penumpukan dan masalah untuk kita,” katanya.

 

Sumber : https://bandung.bisnis.com/read/20210104/549/1338444/7-juta-warga-jabar-dapat-bansos-dari-jokowi-ini-pesan-ridwan-kamil

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 + 17 =