TIPS MENGHADAPI TANAH LONGSOR

Bandung, BarayaKita — Beberapa hari terakhir ini di berbagai wilayah terjadi bencana banjir dan longsor. Curah hujan yang tinggi dan terus menerus di akhir tahun 2020 ini menjadi penyebab banjir dan longsor.

Pun demikian kejadian kemarin sore di sekitar tempat wisata Curug Cimahi di Kolonel Masturi Kabupaten Bandung Barat.  Sebagian jalan tergerus longsor yang mengakibatkan para pengguna jalan harus ekstra hati-hati untuk melalui daerah tersebut karena dapat membahayakan keselamatan warga. Untuk diketahui jalan Kolonel Masturi yang terbentang dari wilayah Cimahi tembus ke wilayah Kabupaten Bandung Barat memiliki sejumlah titik rawan longsor yang menjadi langganan kejadian alam longsor hampir di setiap tahun di musim penghujan.

Indonesia sudah beberapa kali dilanda bencana alam tanah longsor besar. Beberapa daerah memiliki kerawanan terhadap bencana ini. Tak jarang, akibat kejadian ini  dampak yang ditimbulkan sangat besar. Bukan hanya kerugian materi, bencana tanah longsor yang terjadi juga bisa menimbulkan banyak korban jiwa. Oleh sebab itu, bagi mereka yang tinggal didaerah zona merah rawan longsor harus memiliki pengetahuan tentang cara cara menyelamatkan diri ketika terjadi bencana tanah longsor.

Tanah longsor sangat sulit diprediksi kapan akan terjadi. namun bencana ini akan terjadi ketika memasuki musim hujan. Tanah longsor terjadi akibat banyak faktor, antara lain curah hujan tinggi, tumpukan sampah yang menggunung, erosi serta lereng dan tebing yang terjal. Karena kedatangannya yang tidak bisa diprediksi, oleh sebab itu masyarakat harus memiliki bekal untuk menghadapi bencana ini.

Yang Perlu Diperhatikan Saat Terjadi Tanah Longsor :

  • Bagi masyarakat yang tinggal didaerah lereng dan pegunungan perlu mewaspadai ketika musim hujan. curah hujan yang tinggi bisa menjadi pemicu terjadinya bencana tanah longsor. Ketika terdengar suara gemuruh dari atas bukit, segeralah untuk menjauh dari lokasi, cari tempat aman. Sebab hal tersebut merupakan tanda akan terjadinya tanah longsor
  • Jangan panik dan tetap tenang. Evakuasi keluarga anda ke tempat aman. Biasanya bagi mereka yang tinggal didaerah rawan longsor sudah diberikan jalur evakuasi untuk menyelamatkan diri ketika terjadi tanah longsor.
  • Hal penting lainnya adalah dengan menghubungi instansi terkait untuk bisa memberikan bantuan evakuasi sebelum terjadinya longsor yang semakin parah.

Kami imbau untuk semua masyarakat untuk lebih berhati-hati dan semakin memantau wilayah tempat tinggal masing-masing apalagi yang berada di wilayah rawan. (edm)

 

Sumber : https://pusatkrisis.kemkes.go.id/new_home/hal-yang-dilakukan-ketika-terjadi-tanah-longsor

 

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × two =