PEMKOT BANDUNG TARGETKAN APE 2020 TINGKAT MENTOR

Kota Bandung,BarayaKita – PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bandung melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung menyosialisasikan dan mengadvokasi Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam rangka persiapan verifikasi penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020.

PUG adalah suatu strategi maupun pendekatan untuk mencapai kesetaraan bagi perempuan dan laki-laki. PUG ini memerlukan kebijakan, program kegiatan yang berperspektif gender.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial menuturkan aspek yang perlu diperhatikan bersama adalah fitrah insaniyah baik laki- laki ataupun perempuan untuk mensikapi kesetaraan gender.

“Tidak ada bedanya pria dan wanita. Yang ada, siapa pun manusia itu paling terbaik ialah orang yang bertaqwa,” tutur Oded saat peresmian acara sosialisasi dan Advokasi PUG 2020 secara Virtual di Pendopo Kota Bandung, Jumat 11 Desember 2020.

Menurutnya, bahkan secara eviden sebagai contoh banyak diasumsikan bahwa laki laki di atas perempuan. Dan perempuan itu seperti didiskriminasi.

“Kita harus yakin dan sadar bahwa sesungguhnya bahwa Allah SWT sudah memposisikan kaum wanita itu bukan sekedar sama, tapi berhak mendapatkan keadilan. Jangan lupa bahwa fitrah wanita itu sebagai pemimpin di rumah tangga dalam mengurus keluarganya”, tutur Oded.

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) merupakan bentuk penghargaan tertinggi di bidang pembangunan berbasis gender bagi daerah kabupaten dan kota di Indonesia. Penghargaan ini diberikan kepada yang berhasil mewujudkan membangun berbasis gender di daerahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas DP3APM Kota Bandung, Tatang Muchtar mengatakan, pada tahun 2016 Kota Bandung telah meraih penghargaan APE tingkat mentor. Sedangkan pada tahun 2018 Kota Bandung telah meraih penghargaan APE tingkat utama.

“Untuk tahun 2020 tahap pertama kita telah melaksanakan penilaian administrasi pada tanggal 30 November secara online. Alhamdulillah hasil evaluasi Kota Bandung meraih Skor 98 dan skor 100,” ungkapnya.

“Pada tahap kedua evaluasi akan menetapkan verifikasi lapangan untuk penilaian. Semoga Kota Bandung kali ini mendapat penghargaan APE tingkat mentor,” lanjutnya.

 

Kabag Humas Setda Kota Bandung

Sony Teguh Prasatya

Sumber:  https://humas.bandung.go.id/layanan/pemkot-bandung-targetkan-ape-2020-tingkat-mentor

Bagikan Postingan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *