HADIRI KEGIATAN FORUM ULAMA-UMARO, PLT WALI KOTA CIMAHI MINTA ULAMA BANTU JAGA SITUASI AGAR TETAP KONDUSIF SELAMA PANDEMI COVID-19

Cimahi, BarayaKita / Diskominfoarfus –  Pemerintah Kota Cimahi menyelenggarakan kegiatan Forum Ulama-Umaro (FUU) tingkat Kota Cimahi, bertempat di Aula Gedung A Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi, Jl. Rd. Demang Hardjakusumah, Cihanjuang, Kota Cimahi pada Selasa (08/12). Hadir dalam kegiatan tersebut Plt. Wali Kota Cimahi didampingi oleh Sekretaris Daerah, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat dan unsur Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Cimahi. Hadir memenuhi undangan pada kegiatan tersebut yait para alim ulama, para pimpinan pondok pesantren, majelis talim, tokoh masyarakat, dan tokoh agama se-Kota Cimahi.

Dalam laporannya, Sekretaris Daerah Kota Cimahi, Dikdik S. Nugrahawan mengatakan, kegiatan Forum Ulama-Umaro tersebut ditujukan untuk mempererat tali silarturohmi antara para ulama dan tokoh agama dengan jajaran pemerintah daerah baik di tingkat Kota maupun tingkat kecamatan dan kelurahan. Untuk menyikapi kondisi kekinian, maka kegiatan tersebut diisi dengan pemaparan oleh narasumber dari Dinas Kesehatan dengan materi mengenai sebaran covid-19 di Kota Cimahi dan Dinas Pendidikan dengan materi mengenai persiapan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan di Kota Cimahi.

“Pelaksanaan kegiatan Forum Ulama-Umaro seperti sekarang ini diharapkan dapat menjadi penyemangat spiritual dalam meningkatkan kebersamaan dan sinergitas antara kalangan ulama dan pemerintah (umaro) yang harus terus dijaga dan ditingkatkan demi keberhasilan pembangunan Kota Cimahi dimasa yang akan datang, papar Dikdik.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Plt. Wali Kota, Ngatiyana mengatakan, keberadaan Forum Ulama-Umaro ini sangat penting sebagai salah satu perwujudan dari Visi Kota Cimahi Tahun 2017-2022 yaitu Mewujudkan Cimahi Baru yang Maju, Agamis dan Berbudaya. Menurutnya, makna kata agamis di dalam visi tersebut mengandung pengertian bahwa keyakinan yang berbasis agama menjadi landasan pengikat kebersamaan dalam seluruh aspek penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan. Untuk itulah, dirinya menyempatkan untuk hadir langsung pada kegiatan tersebut sebagai bentuk kesadaran akan pentingnya sinergitas antara kalangan tokoh agama (ulama) dan pemerintahan (umaro) untuk menjaga situasi Kota Cimahi agar tetap kondusif. Pihaknya juga menekankan pentingnya kalangan ulama dan umaro untuk saling mengingatkan dan memberikan masukan serta doá demi keberlanjutan program pembangunan di Kota Cimahi.
“Hari ini kita laksanakan acara silaturahim antara ulama dan umaro, yaitu antara para kyiai dan ulama dengan pemerintah Kota Cimahi. Intinya adalah selain silaturahmi, bahwa juga kita mengadakan penyampaian tentang kegiatan dan situasi dan kondisi saat ini, yang salah satunya adalah kondisi saat Covid-19 ini, yang berisikan penekanan kepada para Kyiai, ulama dan para santrinya agar lebih disiplin melaksanakan protokol kesehatan, ujar Ngatiyana.

Ditambahkan Ngatiyana, pada kesempatan tersebut Pemerintah Kota juga menyampaikan tentang rencana dimulainya kembali proses belajar secara tatap muka pada awal tahun 2021 nanti. Dalam hal ini, Pihaknya meminta kepada para ulama dan tokoh agama untuk membantu menyosialisasikan kebijakan pembelajaran secara tatap muka tersebut kepada masyarakat.
Kebijakannya pada tahun 2021 akan dibuka proses belajar mengajar dengan tatap muka. Itu tergantung nanti dari koordinasi antara komite [sekolah], kemudan antara kepala sekolah dengan orang tuanya untuk dimintai izinnya sehingga bisa dilaksanakan secara tatap muka. Apabila orang tua tidak mengizinkan anaknya untuk ikut tatap muka, yah bisa melanjutkan secara daring. Jadi para guru ini harus bekerja double bisa daring bisa tatap muka, ekstranya seperti itu. Tapi semuanya muaranya adalah ibadah, secara ikhlas dan tulus memberikan ilmunya kepada anak didik-nya, pungkas Ngatiyana.

 

Sumber: Bidang Informasi, Komunikasi Publik, dan Statistik
Dinas Komunikasi, Informatika, Kearsipan, dan Perpustakaan Kota Cimahi

Bagikan Postingan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *