HADIRI PELATIHAN DIVERSIFIKASI PANGAN DENGAN OLAHAN CABE, WALI KOTA CIMAHI MINTA SEKTOR PERTANIAN DIKEMBANGKAN SECARA LEBIH KREATIF

KOTA Cimahi,BarayaKita – Pangan merupakan kebutuhan dasar utama bagi manusia yang harus dipenuhi setiap saat dan pangan mempunyai arti dan peran yang sangat penting bagi kehidupan suatu bangsa. Dalam membangun ketahanan pangan nasional, memang terlebih dahulu harus diperkuat ketahanan pangan di daerah. Jika ada daerah yang mempunyai masalah pangan, tidak hanya daerah itu yang bermasalah, tetapi juga akan memperlemah ketahanan pangan nasional. Demikian diutarakan Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna, ketika membuka kegiatan Pelatihan Diversifikasi Pangan Dengan Olahan Abon Cabe, bertempat di Aula Gedung B Komplek Perkantoran Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi, pada Selasa (24/11).

Dikatakan Wali Kota Ajay, dalam konteks Kota Cimahi, sebagai sebuah kota yang berpenduduk sangat padat dengan luas wilayah yang relatif sempit, Cimahi memiliki tugas yang cukup berat untuk membangun ketahanan pangan di wilayahnya. Terlebih lagi, dalam kondisi pandemi Covid-19 yang berdampak kepada tatanan kehidupan masyarakat secara keseluruhan, para pelaku di sector pertanian Di Kota Cimahi dituntut untuk lebih kreatif dalam melakukan diversifikasi atas produk pangan yang dihasilkannya.

“Pandemi ini ada sisi negatif dan positifnya. Untuk sisi positifnya, kita mau tidak mau harus berpikir dan berkreasi… untuk semakin kreatif. Dan di tengah semua keterbatasan di era pandemi ini, kembali Pemkot melalui Dinas Pangan [dan Pertanian] menggagas suatu inovasi melalui kolaborasi dan sinergitas dengan masyarakat tani seperti KWT [Kelompok Wanita Tani] melalui pelatihan diversifikasi pangan dalam bentuk membuat abon cabe, dimana alatnya dibantu sama Dispangtan,” ujar Ajay.

Ditanya tentang alasan pemilihan produk abon cabe, Ajay menyatakan bahwa faktor ketersediaan lahan menjadi alasan yang utama karena tanaman cabe tidak membutuhkan lahan yang luas sehingga cocok untuk dikembangkan di Kota Cimahi. Disamping itu, pangsa pasar untuk komoditas cabe beserta turunannya juga cukup bagus sehingga dapat memberikan nilai tambah ekonomi yang tinggi bagi para petani.

Sumber: Diskominfoarpus Kota Cimahi  https://www.instagram.com/p/CH-d9krM9Ph/?igshid=skg37fnjiy1i

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × three =