BLT UMKM SEGERA CAIR UNTUK 1 JUTA PELAKU UMKM DI JABAR

BLT UMKM segera cair untuk 1 juta pelaku UMKM Provinsi Jawa Barat. Surat Keputusan (SK) penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp2,4 juta bagi 1.028.000 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk Jabar sudah turun dari pemerintah pusat.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas KUK (Koperasi dan Usaha Kecil) Provinsi Jawa Barat, Kusmana Hartadji, kepada awak media, Selasa (15/09/2020). Ia menyebutkan, berdasarkan informasi dari pemerintah pusat, SK tersebut turun dalam beberapa tahapan. Ia juga menjelaskan, SK yang sudah turun itu baru sampai tahap ke 4. Sedangkan, untuk pengiriman SK tahap ke 5 dan 6, Pemerintah Provinsi Jabar belum menerimanya.

BLT UMKM Segera Cair, Disalurkan Beberapa Tahap

Pencairan BLT UMKM untuk 1 juta pelaku UMKM se-Jawa Barat tidak bisa sekaligus. Sehingga, dalam penyalurannya akan berlangsung dalam beberapa tahapan. Pembagiannya juga sesuai dengan pihak penyalur kepercayaan pemerintah.

Untuk pencairan tahap I adalah usulan dari BRI, pencairan tahap ke II dari PNM, pencairan tahap ke III dari KUK Provinsi. Sedangkan, untuk pencairan tahap ke IV adalah usulan dari koperasi.

BLT UMKM segera cair bagi pelaku UMKM se-Jabar. Menurut Kusmana Hartadji, tahapan untuk pencairannya tidak mudah. Apalgi KUK Jabar juga memberikan usulan bagi penerima BLT UMKM secara bertahap. Untuk itu, pihaknya juga mengusulkannya secara bertahap. Jadi, lanjut Kusmana Hartadji, sejak awal pendaftaran sampai Oktober 2020 dengan target sebanyak 9,1 juta UMKM. Sementara, menurut informasi dari pemerintah pusat, targetnya bisa membantu hingga 12 juta pelaku UMKM.

Tambahan Bantuan 12 Juta UMKM Belum Jelas

Terkait dengan informasi bahwa pemerintah pusat akan menambah lagi penerima BLT UMKM menjadi 12 juta, namun sampai saat ini informasi tersebut belum ada kepastiannya. Sejauh ini pemerintah telah menyiapkan hingga bulan Oktober 2020 sebanyak 9,1 juta pelaku UMKM. Untuk Provinsi Jabar, rencananya BLT UMKM segera cair dengan jumlah penerima bantuan terbanyak se-Indonesia, yakni mencapai 1.028.000 pelaku UMKM.

Provinsi Jabar sendiri rencananya akan membantu hingga dua juta pelaku UMKM yang bisa menerima BLT UMKM sebesar Rp2,4 juta itu. Meskipun sampai saat ini jumlah UMKM Jabar yang telah mengajukan bantuan sudah melebihi angka dua juta.

Data pengajuan untuk BLT UMKM yang sudah masuk itu meliputi pengajuan dari Dinas KUK jumlahnya sebanyak 1,5 juta UMKM. Kemudian, pengajuan dari PNM 1 juta UMKM, dan ada juga tambahan dari BRI. Namun, lanjut Kusmana, SK-nya yang baru muncul sebanyak 1 028.000. pihaknya berharap SK-nya akan bertambah lagi. Pihaknya jga telah menerima laporan dari kota/kabupaten bahwa ada beberapa pelaku UMKM yang mengaku dana BLT sudah masuk ke rekeningnya.

Jabar Kembali Usulkan Data UMKM ke Pusat

BLT UMKM segera cair untuk satu juta pelaku UMKM. Meski begitu, Dinas KUK Provinsi Jabar kembali mengusulkan untuk data penerima BLT kepada pemerintah pusat. Data tersebut berasal dari 4 kota/kabupaten yang jumlahnya mencapai 1.579 pelaku UMKM. Karena masih ada data susulan yang masuk dari setiap kota/kabupaten. Sedangkan, untuk pencairannya nanti akan langsung dari pemerintah pusat. Jika ada pelaku UMKM penerima bantuan langsung tunai (BLT) UMKM sebesar Rp2,4 juta, tapi belum memiliki rekening, baru pihaknya yang akan menghubungi.

 

Disadur dari : https://www.harapanrakyat.com/2020/09/blt-umkm-segera-cair-untuk-1-juta-pelaku-umkm-di-jabar/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − six =