PEKAN PELAYANAN KB MKJP DALAM RANGKA HARI KONTRASEPSI SEDUNIA KE-13 SEPTEMBER 2020

Bandung, BarayaKita – PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) Provinsi Jawa Barat menggelar kegiatan “PEKAN PELAYANAN KB MKJP DALAM RANGKA HARI KONTRASEPSI SEDUNIA KE-13 SEPTEMBER 2020), yang masih menjadi satu rangkaian dengan Hari Keluarga Nasional, yang tepatnya diperingati Juli lalu.

Kegiatan Pekan Pelayanan KB MKJP Dalam Rangka Hari Kontrasepsi Sedunia Ke-13 September 2020 tersebut dilaksanakan sejak Kamis 10 September yang lalu dan berakhir Senin, 14 September 2020. Pelaksanaannya bertempat di Wisma PKBI Jabar, Jl. Soekarno Hatta 496 Bandung, dan di Klinik Mawar, Jl. Pasir Kaliki No.26, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung

Penyelenggara kegiatan pelayanan KB tersebut adalah PKBI Jabar, yang juga didukung oleh Perkumpulan KB Indonesia Kota Bandung, BKKBN Jawa Barat, Klinik Mawar PKBI Jabar, dan Aksen (Akses untuk semuanya).

PESERTA PELAYANAN KB PKBI JABAR

Pada Kesempatan tersebut, Barayakita.com sempat berbincang dengan salah seorang Staff PKBI Jabar, yaitu Uung Sobarna, Staff Entry data & IT. Menurut UUng : “Antusias warga mengikuti kegiatan pelayanan KB sangat baik, yang terbukti dari jumlah akseptor yang mengikuti. Untuk akseptor yang datang ke Klinik Teratai PKBI Jabar saja jika dihitung dari peringatan Harganas  (Hari Keluarga Nasional) lalu jika ditotal sudah ada 300 an peserta, dan itu belum final karena masih ada saja yang datang walau sampai penulis menaikkan berita ini, sebetulnya pelayanan sudah ditutup tapi karena masih ada yang terus datang maka Petugas masih terus memberikan pelayanan KB kepada mereka yang membutuhkan.”

Uung Sobarna, Staff Entry data & IT

Ditanya mengenai tujuan dan knowledge masyarakat berkaitan dengan KB, Uung menjelaskan : “Tujuan kegiatan tsb adalah tercapainya program KB (Keluarga Berencana) yang misinya 2 (dua) anak saja cukup. Walaupun masih bertentangan dengan pepatah di kultur Indonesia yang sering menyatakan jika banyak anak banyak rezeki, namun setidaknya harapan agar Indonesia memiliki generasi yang baik dari segi pendidikan, kesehatan, ekonomi, dsb, sesuai dengan realita zaman sekarang dimana untuk menggapai hal-hal tadi membutuhkan biaya yang tidak sedikit.”

“Sementara itu pengetahuan masyarakat berkaitan dengan Program KB juga penggunaan macam-macam alat kontrasepsi seperti Alat kontrasepsi tersedia dalam berbagai bentuk, antara lain pil KB, suntik KB, implan atau susuk, IUD atau spiral, pembedahan vasektomi pada pria dan juga pembedahan tubektomi pada wanita. Sejauh acara Pekan Pelayanan KB tsb dilaksanakan, ternyata sampai saat ini alat kontrasepsi yang paling banyak digunakan masyarakat adalah IUD.”

Pesan UUng kepada masyarakat terutama kaum wanita agar tidak perlu takut menggunakan Alat kontrasepsi dan bisa dating untuk pelayanan KB ke PKBI Provinsi Jawa Barat, setiap hari kerja, Senin hingga Jumat, Di Klinik Teratai, Jl. Soekarno Hatta 496 Bandung. (End.M)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *