GUBERNUR JAWA BARAT APRESIASI KESERIUSAN PEMKAB CIANJUR DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM DESA KELURAHAN SADAR HUKUM

Cianjur, BarayaKita – Atas nama Gubernur Jawa Barat, H. M. Ridwan Kamil apresiasi keseriusan pemkab. Cianjur dalam melaksanakan program desa kelurahan sadar hukum.
Hal tersebut dikatakan Dr. Eni Rohyani, SH., MHum. Kabiro Hukum dan HAM Prov. Jabar, dalam sambutannya saat melaksanakan penilaian desa kelurahan sadar hukum provinsi Jawa Barat tahun 2020 di wilayah Cianjur. Senin (6/07/20).

Yeni menuturkan penilaian didasar pada 4 dimensi antara lain akses informasi hukum, implementasi hukum, akses keadilan dan dimensi demokrasi regulasi hukum guna menciptakan warga desa sadar hukum.

” Peningkatan kesadaran warga taat hukum, akan semakin ditingkatkan, sejalan dengan dinamika ekonomi, politik, sosial, budaya, ” kata Yeni.

Lanjutnya, pembangunan di bidang hukum merupakan sektor prioritas pembangunan nasional, dengan mengembangkan budaya sadar hukum di semua lapisan.

” Aparatur maupun masyarakat sampai tingkat keluarga, menjadi sasaran pembinaan agar tercipta kesadaran dan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan, ” tambahnya.

Sementara Muchsin Sidiq, SH., MH., Kabag. Hukum Setda Cianjur mengatakan, tahun ini tim penilai melaksanakan penilaian selama 2 hari mulai tanggal 6 sampai dengan 7 Juli, di 5 desa antaralain desa Jati, Kecamatan Bojongpicung, Desa Sukataris Kec. Karang tengah dan Desa Babakan Sari Kec. Cianjur, Benjot Kecamatan Cugenang dan Gekbrong Kecamatan Gekbrong.

Dari jumlah desa di Kab. Cianjur 354 desa dan 6 kelurahan, saat ini sudah terbentuk sebanyak 169 desa berstatus kadarkum.

” Esensinya dasar dari penyelengaraan Kadarkum untuk menumbuhkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat sehingga terbentuk budaya sadar hukum di masyarakat, ” kata Muchsin.

Ditambahkan Muchsin, bahwa semua ini diharapkan berjalan atas partisipasi dari semua pihak, dan tentunya hal ini menunjukkan bahwa desa kelurahan se kab. Cianjur patuh hukum, karena pembangunan dapat berjalan dengan baik dan maju karena adanya ketaatan terhadap hukum yang telah berjalan baik, ujarnya. (DN)

Sumber: humas kab cianjur

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 + sixteen =