KEPALA DESA DI JABAR HARUS BERINOVASI, KEMBANGKAN POTENSI WILAYAH

Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum melakukan silaturahmi dengan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Provinsi Jabar dan APDESI Kabupaten Tasikmalaya di Lapang Sakti Lodaya, Desa Cisayong, Sabtu (27/6/2020). Dalam kesempatan itu, Uu meminta kepada Kepala Desa di Jabar harus berinovasi.

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum meminta inovasi tersebut harus diawali dari para Kepala Desa. Dengan melihat potensi desa di wilayah masing-masing. Kemudian dapat dikembangkan dan diberdayakan. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Salah satu upaya dalam meningkatkan inovasi, dengan mengunjungi desa yang berstatus mandiri. Para Kepala Desa bisa mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan inovasi pembangunan desa. Sehingga ke depan diharapkan dapat diimplementasikan di desanya masing-masing.

“Kalau saat ini Kepala Desa di Jabar hanya diam saja di wilayahnya, ditempatnya. Itu artinya tidak ada pencerahan, pola pikir tentu tidak berubah. Termasuk pendengaran tidak ada yang di dengar, sehingga tak ada pengetahuan. Dari waktu ke waktu itu harus ada kenaikan. Mari berinovasi,” jelas Uu.

Kepala Desa di Jabar Harus Berkomunikasi Dengan Pemda

Uu menjelaskan, Komunikasi para Kepala Desa dengan Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten juga provinsi sangat penting. Terutama dalam upaya pembangungan desa. Kepala Desa harus mampu membangun komunikasi yang baik dengan pemerintahan di daerahnya masing-masing.

“Untuk para Kepala Desa di jabar, semua harus pandai-pandai membangun komunikasi dengan unsur pemerintah daerah. Tentunya itu semata-mata untuk membangun desa. Supaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Uu.

Selain itu, Uu berharap kepada para Kepala Desa bisa memberikan informasi kepada masyarakat di wilayahnya. Terkait dengan inovasi dan pembangunan yang akan dilaksanakan. Sehingga masyarakat di wilayahnya juga ikut membantu dan mendukung dalam kelancaran inovasi tersebut.

“Berikan informasi kepada masyarakat, terkait dengan inovasi dan pembangunan yang akan dilaksanakan di desanya masing-masing. Kerjasama dan gotong royong juga berperan dalam memajukan pembangunan desa,” tegasnya.

 

Sumber : https://www.harapanrakyat.com/2020/06/kepala-desa-di-jabar/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven − 2 =