ANTISIPASI STOK PANGAN, GARUT SIAPKAN LAHAN BARU

Antisipasi kemungkinan berkurangnya persediaan pangan di daerahnya, Pemerintah Kabupaten Garut berencana siapkan lahan baru untuk tanaman pangan. Menurut Bupati Garut Rudy Gunawan, mengenai lahan produktif untuk tanaman pangan di wilayahnya telah dipetakan oleh Dinas Pertanian, wilayah mana saja yang termasuk lahan produktif tanaman pangan. Meski demikian  kata Bupati jika dilihat dari kapasitas produksi, Garut masih sangat aman tidak sampai ada yang kekurangan pangan.

“Sampai saat ini semua aman, kebutuhan tercukupi,” jelas Rudy singkat.

Bupati Rudy kepada Slamet ST Kilas Radio menyebut, daerahnya yang subur bisa menjadi penghasil berbagai produksi tanaman pangan seperti jagung, padi, hortikultura dan sayur sayuran.

“Kalau di kita semua bisa tumbuh baik ya, jagung, padi sayur mayor. Yang kurang maksimal di Garut itu adalah tanaman kedelai,” kata Rudy.

Ia merinci, untuk tanaman padi lebih produktif di wilayah tengah dan utara, sedangkan di wilayah selatan agak kurang produktif, karena secara topografis kebanyakan sungai berada di bawah sedangkan lahan pertanian berada di atas.

Lebih lanjut Bupati Rudy mengungkapkan, yang jadi persoalan saat ini bukan stok pangan tapi pada penurunan daya beli masyarakat. Untuk hal tersebut kata dia, pemerintah telah membantu masyarakat dengan berbagai skema bantuan seperti Bantuan Sosial Tunai (BST) Bantuan Langsung Tunai(BLT), Bantuan Langsung Non Tunai (BLNT) dan beberapa program bantuan pemberdayaan ekonomi. [stm-kr|gpbw]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *