AYO BAYAR PBB !!! ADA PENGURANGAN PAJAK DARI BAPPENDA

Cimahi, Barayakita – Kabar baik untuk warga datang dari Bappenda (Badan Pengelola Pendapatan Daerah) Kota Cimahi. Tim Redaksi Barayakita.com mendapat kesempatan untuk menginterview langsung Kepala Bappenda Kota Cimahi dan Jajarannya.

Rabu lalu Tim Redaksi Barayakita.com disambut dengan hangat oleh Kepala Badan Bappenda, H.Dadan Darmawan S.Sos, M.Si., didampingi oleh Kepala Bidang Identifikasi Pendapatan, Iyun Sapta Mulyana, SE., ME., Sekretaris Badan, Roni Rojani, Kepala Bidang Penerimaan Pengendalian Pendapatan., Lia Yuliati Atmamiharja,  dan Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Faisal S.Sos.

Kepada Baraya, Kepala Bappenda, Dadan Darmawan menegaskan adanya Program Pengurangan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2020 ini yang mendasarinya adalah akibat Pandemi Covid-19 yang berdampak pada menurunnya perekonomian masyarakat secara umum. Pengurangan PBB tsb bahkan hingga 100% (seratus persen) untuk ketetapan sampai dengan Rp.100.000,- (seratus ribu rupiah).

“Sementara untuk Ketetapan di atas Rp.100.000, aturannya adalah pengurangan 20% jika pembayaran dilakukan sampai akhir Juni 2020, kemudian pengurangan 10% jika pembayaran dilakukan Juli sampai Agustus, dan pengurangan 5% jika pembayaran dilakukan di September. “ Ujar Dadan.

Dadan mengatakan : “Oleh karena itu dihimbau kepada masyarakat untuk segera membayar kewajiban membayar PBB sesegera mungkin karena jika dibayar Juni ini pengurangannya sangat membantu masyarakat karena sampai 20% dari jumlah pajaknya.”

H.Dadan Darmawan S.Sos, M.Si : Kepala BAPPENDA Kota Cimahi

Sementara itu Sekban Bappenda Kota Cimahi, Roni Rojani menghimbau kepada masyarakat yang akan membayar PBB untuk memperhatikan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak dengan yang lain. Dengan adanya program Pengurangan PBB ini petugas pun ditambah karena antusias masyarakat sangat tinggi . Saat ini loket pelayanan yang asalnya hanya 2 (dua) loket ditambah menjadi 5 (lima) loket pelayanan.

Kabid Identifikasi Pendapatan, Iyun Sapta Mulyana, SE., ME., menambahkan, “Pelayanan PBB dapat dilakukan melalui pelayanan online melalui alamat website : sipasti.cimahikota.go.id. Iyun juga mengingatkan warga agar selalu melakukan pemutakhiran data jika memang ada perubahan, hal ini perlu dilakukan demi kebaikan dan bermanfaat bagi warga itu sendiri.”

Kemudian Kabid Penerimaan Pengendalian Pendapatan, Lia Yuliati Atmamiharja mengingatkan agar warga yang akan membayar pajak tidak perlu membawa anak-anaknya, bahkan mengimbau agar warga dapat membayar pajak dari rumah saja, karena pelayanan online PBB Kota Cimahi dapat juga dilakukan melalui Bank BJB, Bank BTN, Bank Mandiri Syariah, Pos Indonesia, aplikasi Bukalapak, Tokopedia, Traveloka dan Alfamart.

Terakhir Kaban Bappenda Kota Cimahi, Dadan Darmawan, mengajak semua warga untuk tepat waktu membayar pajak, karena uang pajak tersebut akan kembali kepada pelayanan yang bermanfaat untuk masyarakat, yang akan digunakan untuk pembangunan, diantaranya bisa dinikmati masyarakat dalam bentuk infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan layanan publik lainnya. (End.M)

 

Penanggung Jawab : Aries Suwandi
Reporter : Endriyas Meidiawaty
Kameramen : Udep
Editor : Agus Untung

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty + 12 =