JABAR PSBB HINGGA 12 JUNI, BODEBEK ‘IKUT’ DKI SAMPAI 4 JUNI

Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengambil keputusan memperpanjang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) secara proporsional untuk dua wilayah. PSBB di wilayah Bogor-Depok-Bekasi (Bodebek) diperpanjang hingga 4 Juni, sedangkan di luar wilayah tersebut PSBB akan berlaku hingga 12 Juni 2020.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar, Setiawan Wangsaatmaja menyebut kebijakan tersebut diambil lantaran menyelaraskan PSBB di ibu kota. Seperti diketahui, Bodebek merupakan kawasan penyangga bagi ibu kota.

Jadi, kebijakannya harus sejalan agar penanggulangan Covid-19 optimal,” kata Setiawan, Kamis (28/5) malam. Menurutnya, keputusan ini diambil berdasarkan evaluasi dengan para ahli, baik epidemiolog dan ekonom.

Dalam salinan surat disebutkan, perpanjangan PSBB Jawa Barat ditetapkan melalui Keputusan Gubernur nomor 443/Kep.287-Hukham/2020 tentang perpanjangan PSBB tingkat provinsi secara proporsional. Kepgub bertanda tangan Ridwan Kamil menyatakan bahwa PSBB diperpanjang untuk dua zona wilayah.

Dalam surat tersebut, Ridwan Kamil juga meminta agar masyarakat yang berdomisili di daerah yang dimaksud wajib mematuhi ketentuan pemberlakuan PSBB dan konsisten menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus corona (Covid-19). Secara resmi, kata Setiawan, keputusan ini akan disampaikan Ridwan Kamil hari ini.

Seperti diketahui, sebelumnya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengisyaratkan perpanjangan PSBB di ibu kota hingga 4 Juni merupakan PSBB terakhir, sebelum akhirnya masyarakat harus bersiap dengan protokol baru yang kemudian belakangan disebut new normal.

Anies bahkan mengatakan tengah merancang protokol aktivitas tersebut yang akan rampung dalam waktu dekat. Protokol ini akan diterapkan usai pelaksanaan (PSBB di Jakarta berakhir.

“Dari mulai protokol kegiatan perekonomian, kegiatan peribadatan, kegiatan sosial, budaya, sehingga kita bisa menjalani kehidupan baru kita, sambil mencegah penyebaran covid,” kata Anies saat mendampingi Jokowi di Stasiun MRT Bundaran HI, Selasa (26/5).

Anies menjelaskan saat ini penyiapan protokol masih diproses. Pihaknya juga menggandeng sejumlah pakar epidemiologi untuk menyusun protokol kesehatan new normal di tengah pandemi virus corona.

Sumber : https://m.cnnindonesia.com/nasional/20200529071209-20-507808/jabar-psbb-hingga-12-juni-bodebek-ikut-dki-sampai-4-juni

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve + 19 =