28 APRIL HARI KESELAMATAN DAN KESEHATAN PEKERJA

Pada tahun 2003, International Labour Organization (ILO) atau Organisasi Perburuhan Internasional mulai mengamati Hari Dunia untuk menekankan pencegahan kecelakaan dan penyakit di tempat kerja. Memanfaatkan kekuatan tradisional tripartisme ILO dan dialog sosial.

Lalu tercetuslah World Day for Safety and Health at Work atau Hari Keselamatan dan Kesehatan Pekerja di Tempat Kerja.

Mengutip un.org. Selasa (28/4/2020), peringatan ini merupakan bagian integral dari Global Strategy on Occupational Safety and Health (Strategi Global Keselamatan dan Kesehatan Kerja) ILO, sebagaimana didokumentasikan dalam Conclusions of the International Labour Conference pada Juni 2003. Salah satu pilar utama Strategi Global adalah advokasi.

World Day for Safety and Health at Work adalah alat yang signifikan untuk meningkatkan kesadaran tentang bagaimana membuat pekerjaan menjadi aman dan sehat. Juga soal kebutuhan untuk meningkatkan profil politik keselamatan dan kesehatan kerja.

Selain peringatan tersebut, 28 April juga tercatat sebagai International Commemoration Day for Dead and Injured Workers atau Hari Peringatan Internasional bagi Pekerja yang Meninggal dan Terluka. Diselenggarakan di seluruh dunia oleh gerakan serikat pekerja sejak 1996, seperti yang dikutip dari situs resmi PBB.

World Day for Safety and Health at Work atau Hari Keselamatan dan Kesehatan Pekerja di Tempat Kerja  pada 28 April ini, juga mempromosikan pencegahan kecelakaan dan penyakit akibat kerja secara global. Ini adalah kampanye peningkatan kesadaran yang dimaksudkan untuk memusatkan perhatian internasional pada besarnya masalah, dan upaya mempromosikan serta menciptakan budaya keselamatan dan kesehatan untuk membantu mengurangi jumlah kematian dan cedera terkait pekerjaan.

Setiap orang bertanggung jawab untuk menghentikan kematian dan cedera di tempat kerja.

Sementara pemerintah bertanggung jawab untuk menyediakan infrastruktur – undang-undang dan layanan – yang diperlukan untuk memastikan bahwa pekerja tetap dapat dipekerjakan dan bahwa perusahaan berkembang; ini termasuk pengembangan kebijakan dan program nasional dan sistem inspeksi untuk menegakkan kepatuhan terhadap undang-undang dan kebijakan keselamatan dan kesehatan untuk pekerja.

Hentikan Pandemi Corona COVID-19: Keselamatan dan Kesehatan di Tempat Kerja Dapat Menyelamatkan Nyawa

Menyadari tantangan besar yang dihadapi oleh pemerintah, pengusaha, pekerja dan seluruh masyarakat di seluruh dunia untuk memerangi pandemi COVID-19, Hari Dunia untuk Keselamatan dan Kesehatan di Tempat Kerja akan fokus pada penanganan berjangkitnya penyakit menular di tempat kerja, khususnya, pada Pandemi COVID-19.

Kepedulian semakin meningkat atas terus meningkatnya infeksi COVID-19 di beberapa bagian dunia dan kemampuan untuk mempertahankan tingkat penurunan pada orang lain. Pemerintah, pengusaha, pekerja dan organisasi mereka menghadapi tantangan besar ketika mereka mencoba memerangi pandemi COVID-19, dan melindungi keselamatan dan kesehatan di tempat kerja.

Di luar krisis langsung, ada juga kekhawatiran tentang melanjutkan kembali kegiatan dengan cara yang menopang kemajuan yang dibuat dalam menekan transmisi.

Masih Banyak Para Pekerja yang Meninggal

Dikutip dari situs ILO, Ilo.org, saat ini masih banyak para pekerja yang tidak memiliki standar keselamatan dari tempat kerja masing-masing. Diperkirakan bahwa setidaknya 2.3 juta pekerja laki-laki dan perempuan meninggal dalam kecelakaan di tempat kerja.

ILO memperkirakan bahwa ada 340 juta kecelakaan kerja dan 160 juta korban yang terkena penyakit dari tempat kerja.

Beberapa penemuan ILO adalah penyakit terkait pekerjaan menyebabkan kematian terbanyak di kalangan pekerja.

Zat berbahaya saja diperkirakan menyebabkan 651.279 kematian per tahun.Industri konstruksi memiliki tingkat kecelakaan yang tercatat sangat tinggi.Pekerja yang lebih muda dan lebih tua sangat rentan. Populasi yang menua di negara maju berarti semakin banyak lansia bekerja dan perlu pertimbangan khusus.

Sumber : https://m.liputan6.com/global/read/4239414/28-april-hari-keselamatan-dan-kesehatan-pekerja-perhatian-di-tengah-pandemi-corona?HouseAds&campaign=VirusCorona_Home_MSTM

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 5 =