ZULHAM ZAMRUN, KEMBALINYA SI ANAK HILANG KE PERSIB BANDUNG

Kehadiran sosok Zulham Zamrun ke tim Persib Bandung pada ajang Shopee Liga 1 2020 cukup mengagetkan. Pasalnya, pemain kelahiran Ternate, 19 Februari 1988 itu jauh dari rumor sebagai salah satu pemain bidikan Persib musim ini.

Nama Zulham Zamrun memang sudah tidak asing lagi bagi tim berjuluk Maung Bandung. Dia pernah menjadi bagian dari Persib pada musim 2015, namun satu tahun kemudian ia berlabuh ke Mitra Kukar dan PSM Makassar ditahun 2017.

Zulham sendiri saat itu masih berharap tetap menjadi bagian kekuatan Persib. Tapi Djadjang Nurdjaman sebagai pelatih menyebutkan sosok Zulham bukan pemain yang sedang dibutuhkan oleh Persib.

Pada musim 2015 Zulham tampil memesona bersama Tim Maung Bandung. Persib  menjadi juara Piala Presiden 2015 setelah menang 2-0 atas Sriwijaya FC di Gelora Bung Karno, Minggu (18/10/2015). Dua gol kemenangan Persib dicetak oleh tendangan bebas Ahmad Jufriyanto pada menit ke-6 dan sepakan Makan Konate yang membentur kiper lawan, Dian Agus Prasetyo, pada pengujung babak pertama.

Kendati tak mencetak gol, posisi Zulham sebagai pencetak gol terbanyak kejuaraan tak tergeser. Torehan 6 gol itu juga diganjar hadiah uang sebesar Rp 100 juta.

Penampilan apik Zulham juga mendapatkan apresiasi lebih. Dia dipilih panelis menjadi Pemain Terbaik Piala Presiden 2015 menyisihkan sejumlah nama seperti Cristian Gonzales, Bayu Gatra, dan Firman Utina dan berhak atas hadiah Rp 200 juta.

Gaya selebrasi Zulham yang mirip bintang dunia Cristiano Ronaldo, sempat amat populer di kalangan bobotoh. Sayang kariernya pendek di tim kota kembang.

Kini Keinginan Zulham untuk berseragam Persib di musim 2020 mulai muncul pada awal tahun ini. Eks pemain Timnas Indonesia ini kembali ke pangkuan Pangeran Biru atas ajakan pelatih Robert Alberts.

Dia pun diresmi dikontrak pada 3 Februari 2020 selama satu tahun dan langsung menjalani latihan satu hari sesudahnya di bawah komando pelatih Robert Alberts. Si anak hilang itu pun kembali ke Bandung.

“Alhamdulillah akhirnya saya bisa kembali lagi ke Persib, apalagi saya juga pernah sama-sama dengan pelatih coach Robert Rene Alberts,” ujar Zulham saat itu.

Striker atau Winger ?

Zulham Zamrun menggunakan nomor punggung 17 pun berjanji akan bekerja keras dengan maksimal demi mendapat gelar juara untuk Persib, walau ia sekadar pelapis di lini depan.

Pasalnya, Persib sudah memiliki duet striker asing yang mumpuni, Wander Luiz-Geoffrey Castillion. Mau tak mau Zulham pun dijadikan pelapis lini depan oleh Robert Alberts

“Di dalam sepak bola persaingan itu otomatis pasti ada. Apalagi saya melihat di Persib ini banyak pemain-pemain yang bagus dan muda. Saya hanya ingin berikan yang terbaik, kerja keras dan saya tunggu kesempatan itu datang,” ujar Zulham.

Robert memang terang-terangan akan memplot Zulham di posisi striker walaupun posisi sebelumnya lebih ke pemain sayap atau winger.

“Zulham juga striker. Kalau winger, kami sudah punya banyak winger saat ini dan Zulham juga bisa bermain di posisi striker. Dia melakukan itu bersama saya di Makassar dan dia juga bermain dengan bagus,” jelas Robert kala itu.

Bahkan Robert menilai bahwa sosok Zulhan merupakan opsi yang bagus sebagai penyerang. Apalagi Zulham sudah mengenal Bandung dan pernah merasakan kesuksesan bersama Persib.

“Saya sudah tahu Zulham. Dia mempunyai kualitas, jadi kami sekarang sudah lengkap dalam hal striker pelapis,” ujar Robert.

“Jangan lupa, dia juga mempunyai pengalaman. Kini kami memiliki satu striker pelapis yang muda dan satu lainnya penyerang yang berpengalaman,” tambahnya.

Hanya saja sebelum Shopee Liga 1 2020 dihentikan akibat pandemi virus corona, Zulham Zamrun baru bermain selama tiga menit dalam satu kali penampilan.

 

Disadur : https://www.bola.com/indonesia/read/4225179/zulham-zamrun-kembalinya-si-anak-hilang-ke-persib-bandung

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − two =