25 MARET 1954 : TV BERWARNA PERTAMA DIJUAL SEHARGA US$1000

Pada masa yang menantang ini di mana kita terpaksa untuk menetap di dalam rumah guna memperlambat penyebaran virus korona baru COVID-19, perangkat teknologi menjadi teman baik kita untuk menghabiskan waktu. Salah satunya adalah televisi yang menjadi  lebih lama kita gunakan di rumah. Televisi zaman sekarang memiliki beragam teknologi dengan tampilan warna gambar yang tajam dan akurat, tetapi tahukah kalian kapan televisi berwarna pertama kali dijual?

Televisi bernama RCA CT-100 merupakan televisi berwarna pertama yang dijual kepada publik. Berukuran hanya 15 inch, pada 25 Maret 1954 TV ini dijual dengan harga tinggi yaitu 1.000 dolar AS. Jika dijual pada hari ini, jumlah tersebut setara dengan sekitar 9.500 dolar AS atau 150 juta rupiah. Harga tersebut lebih mahal dibandingkan televisi dengan teknologi mutakhir berukuran 70 inch sekalipun.

Meski begitu, televisi tersebut merupakan standar RCA pada masa itu. Dijual dengan harga mahal, tidak banyak keluarga yang mampu membeli televisi tersebut untuk digunakan di ruang keluarga rumah mereka. Tetapi, meski telah dijual dengan harga tinggi, RCA tetap merugi untuk setiap TV RCA CT-100 yang dijualnya. Dalam arti lain, biaya pengembangan teknologi dan produksi yang dibutuhkan untuk membuat TV tersebut sangatlah mahal pada masa itu. Memerlukan beberapa tahun untuk mengembangkan teknologi yang lebih murah hingga televisi berwarna dapat dijangkau khalayak luas.

Disadur dari : https://today.line.me/id/article/25+Maret+1954+Televisi+Berwarna+Pertama+Dijual+Seharga+Seribu+Dolar+AS-VjDLEl

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eight + two =