MUSMOB, TOKO MUSIK BERJALAN ASAL BANDUNG

Umumnya toko musik yang menjual berbagai karya dari musisi indie seperti CD, DVD dan T-shirt akan memilih mendirikan tokonya di sebuah bangunan. Tentu lokasi pembangunan toko juga menjadi pertimbangan.

Toko yang berada di tengah kota biasanya akan mudah dijangkau para pecinta musik. Namun seiring makin menjamurnya event-event musik di berbagai wilayah membuat toko musik harus bisa menyesuaikan dengan berbagai event musik yang ada. Hal tersebut agar daya jangkaunya jadi semakin luas.

Di Bandung Jawa Barat misalnya, terdapat sebuah toko musik dan merchandise yang berjualan secara mobile alias berkeliling. Nama toko tersebut adalah Musmob atau singkatan dari Musik Mobil.

Kendaraan berpenumpang dijadikan tempat untuk berjualan dari berbagai karya CD dan T-shirt dari para musisi di wilayah Bandung dan sekitarnya.

Mencoba Lebih Dekat dengan Para Penikmat Musik

Sandi Musadad sebagai owner dari Musmob menjelaskan bahwa konsep tersebut diusung atas kurang minat pencinta musik terhadap karya-karya musisi seperti CD, kaos danmarchandise pendukung lainnya. Padahal para penikmat musik selalu hadir di manapun idolanya manggung.

Menurut pria yang akrab disapa Sandi Sandow tersebut, Ia mecoba mewadahi para musisi untuk membantu proses distribusi karya dari musik yang dihasilkan. Hal tersebut agar bisa lebih dijangkau oleh para penikmat musik indie Bandung.

“Saya mencoba untuk mewadahi teman-teman komunitas indie untuk karyanya bisa disebarluaskan; lebih ke pergerakan bagaimana karyanya kita sinergikan” ujarowner dari Musmob.

Memperjuangkan Karya Musisi Indie di Bandung

Musmob sendiri sudah hampir 3 tahun berjualan merchandise musik secara berkeliling. Hampir di setiap event musik di wilayah Kota Bandung, Musmob hadir untuk meramaikan.

Selain berjualan berbagai karya dari musisi, misi lain dari Musmob ialah memperjuangkan para musisi yang bergerak dijalur independent. Hal tersebut dilakukan dengan gerakan kolaborasi untuk saling mengenalkan karya dimasing-masing komunitas.

“Misi dari Musmob sendiri ialah membantu para seniman-seniman dari seni lainnya yang bergerak secara independen untuk bisa bersinergi, saling membantu dan bergerak bersama-sama serta bersilaturahmi.” tutur Sandi.

Di Musmob, Sandy juga mengaku menjual beberapa CD dan kaset pita, dan juga beberapa merchandise band seperti kaos, gelang karet, gantungan kunci, dan lain-lain. Dari segi harga Sandy tidak mematok harga jauh dari toko musik lainnya. Barang-barang yang Ia jual berkisar Rp 35.000 hingga Rp 80.000 untuk rilisan fisik, dan Rp 20.000 hingga Rp 150.000 untuk harga merchandise kaos band.

Membuat Event Musik dan Pameran Kreatif

Selain sebagai wadah distribusi, Musmob juga kerap membuat acara musik dan pameran kreatif yang selalu diadakan tiap minggunya di Bandung. Menurut Sandi saat ini Musmob memiliki program rutin yaitu event akustik dan Sunday Garage.

Dalam acara tersebut biasanya akan ditampilkan beberapa musisi Bandung yang tampil. Tak hanya itu, terdapat gelaran pameran kreatif dari berbagai barang bekas yang menjadi sasaran kawula muda Bandung.

Menjalankan Pesan Kolaborasi Lewat Silaturahmi

Sandi juga mengungkapkan bahwa dari silaturahmi bisa membawa keberkahan dan jaringan yang kuat antar sesama komunitas musik di wilayah Bandung. Menurutnya konsep silaturahmi bisa mempermudah keinginan untuk saling support antar sesama komunitas dan musisi.

“Dari bersilaturahmi dan bersinergi itulah kita sama-sama meng-campaign sebuah pergerakan. Pada dasarnya setiap karya itu bisa menjangkau dengan luas asal tepat sasaran, maka dari itu konsep silaturahmi harus dikuatkan dan mari kita bikin jangkauannya lebih luas dengan bersilaturahmi dan bersinergi.” ungkap Sandi seperti yang dilansir dari berbagai sumber wawancara.

Konten Ngobrol Musisi

Selain berjualan rilisan dari para musisi, Musmob juga memiliki program baru yaitu Sekilas Musik. Program tersebut ditayangkan di akun youtube pribadi Musmob dengan menampilkan konsep ngobrol santai dengan musisi. Oboran tersebut membahas tentang musik indie yang sedang digandrungi oleh anak muda.

Disadur dari : https://today.line.me/id/pc/article/Musmob+Toko+Musik+Berjalan+asal+Bandung+yang+Bawa+Pesan+Kolaborasi+Lewat+Silaturahmi-259Paa

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 + twelve =