MUSRENBANG KOTA CIMAHI TAHUN 2021

Cimahi, Barayakita – Pada hari ini tepatnya Rabu, 11 Maret 2020, pukul 08.30 Wib, bertempat di Gd. Cimahi Technopark, Jl. Raya Bros No.78 Cimahi Selatan, telah dilaksanakan Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) kota Cimahi, dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) kota cimahi Tahun 2021, dengan tema mewujudkan pemerataan ekonomi melalui partisipasi masyarakat yang didukung dengan pembangunan infrastuktur berkualitas.

Hadir dalam acara tersebut, diantaranya : Perwakilan dari Gubernur Jabar, Kejari kota Cimahi,  Pimpinan, Wakil Ketua Komisi dan Anggota DPRD,  Walikota Cimahi, Wakil Walikota Cimahi, Ketua Pengadilan Negeri Bale Bandung, Para Komandan Pusdik TNI AD, Kepala Bapeda Kab. Bandung, Kota Bandung dan KBB, Kepala Pengadilan Agama, semua Rektor Perguruan Tinggi, Ketua Tim Penggerak PKK, Sekda, Kepala Badan Pengembangan SDM  Prov. Jabar, Para Kepala Perangkat Daerah kota cimahi dan seluruh Pejabat Eselon di lingkungan pemerintah kota cimahi, Para Tokoh Agama dan masyarakat, Kepala RS se kota cimahi, Ketua Lpm, Ketua Darma wanita dan Tim Kader pembangunan kota Cimahi.

Musrenbang ini adalah salah satu upaya untuk menjunjung program yang harapkan dapat meningkatkan kesejahteraan kota Cimahi di tahun yg akan datang.

Dalam sambutannya, Wali kota cimahi,  Ir. H. Ajay Muhammad Priatna, M.M, menyatakan : bahwa sebelumnya, yaitu pada 5 maret 2020 telah dilaksanakan pra musrenbang.tingkat kota cimahi yg melibatkan semua pemangku kepentingan kota cimahi dalam rangka merumuskan usulan program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi pada perencanaan pembangnan 2021.

Ajay menyampaikan, rencana kerja Pemerintah Pusat pada 2021 mengusung tema ; “Meningkatkan industry pariwisata dan investasi di berbagai wilyah didukung oleh SDM dan infrastruktur untuk pertumbuhan yang berkualitas.” Sementara Pemprov Jabar mengusung tema “Peningkatan daya saing pada rancangan RKPD 2021”.

Rencana kerja perangkat daerah kota cimahi 2021 merupakan rencana pembangunan tahun ke 4 dalam tahapan rencana pembangunan kota cimahi 2017 – 2022 dengan adanya kebijakan mewujudkan pemerintahan ekonomi melalui partisipasi masyarakat yang didukung dengan pembangunan infrastruktur yang berkualitas.

Untuk capaian indikator pembangunan kota Cimahi 2018, Ajay menyebutkan jika Cimahi mencapai pertumbuhan sebesar 5,68%. Penurunan tingkat kemiskinan berhasil mencapai angka 4,39% di 2019. Namun penurunan tingkat pengangguran terbuka masih menjadi catatan karena belum mencapai target yang ditetapkan yaitu  sebesar 7,52%.

Untuk 2021 Ajay menjelaskan, prioritas pembangunan fisik diarahkan pada Peningkatan sarana dan prasarana pelayanan dasar masyarakat seperti : air bersih, sanitasi dan persampahan.

Selain itu, Peningkatan sarana dan prasaranan layanan public seperti : Mall pelayanan public, Pengembangan RSUD, pembangunan gedung sekolah, dan peningkatan sarana dan prasarana olah raga dan Pengembangan ruang terbuka hijau, serta peningkatan infrastrutur untuk penanggulangan bencana, infrastruktur transportasi kota, antara lain pembangunan dan rehabilitasi jalan.

Prioritas ekonomi difokuskan pada peningkatan layanan terpadu di mall pelayanan public, revitalisasi pasar tradisional, dan peningkatan kualitas perdagangan.

Prioritas Sosial Budaya dan Pemerintahan diarahkan pada peningatan akses dan kualitas pendidikan dan kesehatan untuk semua golongan.

Oleh karena itu Ajay menyoroti Kolaborasi antara Pemkot Cimahi, Pemerintah Pusat dan Pemprov Jabar, masyarakat dunia usaha, Perguruan Tinggi dan Instansi TNI, POLRI, mutlak  diperlukan karena akan memberikan warna dan karakter yang kuat pada pembangunan di kota Cimahi.

Pada perencanaan pembangunan 2021 terkait dengan bantuan keuangan Prov. Jabar, akan dilaksanakan kegiatan pembangunan fisik di cimahi, antara lain pembangunan creative center, revitalisasi pasar dan penataan alun-alun kota Cimahi. Melalui skema bantuan provinsi juga pada  2020 ini akan dibangun underpass di depan RS Dustira. (Adang R)

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty + 15 =