PERMUKAAN AIR LAUT DI JAKARTA MENINGGI, WARGA DIHARAPKAN WASPADA AKAN ADANYA TERJANGAN BANJIR ROB

Banjir yang melanda beberapa wilayah di Ibu Kota rupanya tak selesai sampai disitu saja. Meski intensitas curah hujan mulai berkurang dan genangan banjir mulai surut, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali memberikan peringatan potensi banjir rob.

BMKG meminta warga DKI Jakarta untuk mewaspadai banjir rob dan hujan dengan intensitas tinggi yang diprediksi lebih sering terjadi pada malam hari.

“Pada musim hujan di Jakarta akan lebih sering terjadi pada periode dini hari, malam hari,” kata Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Miming Saepudin dalam konferensi pers di Kantor BMKG Jakarta, Selasa (8/1/2020) kemarin.

Ia menyebutkan hujan di Jakarta akan lebih sering terjadi pada malam hari, sedangkan pada siang hari karakteristik cuaca relatif berawan.

“Kemudian hujan lagi antara sore menjelang malam dan dini hari menjelang pagi,” ujarnya.

Untuk wilayah DKI, katanya, hujan pada malam hari akan cukup tinggi terjadi di wilayah utara.

Hujan dengan intensitas tinggi pada malam hari tersebut, katanya, seiring dengan permukaan laut Jakarta yang juga akan mencapai ketinggian maksimum.

“Ini berbarengan dengan tinggi maksimum (di perairan). Itu yang harus diwaspadai,” katanya.

Terutama dalam dua hari ke depan, kata dia, intensitas hujan pada malam hari dan dini hari di wilayah Jakarta akan lebih tinggi.

Oleh karena itu, BMKG meminta masyarakat untuk mewaspadai hujan lebat yang akan dapat menyebabkan kemungkinan ketinggian banjir rob yang cukup signifikan.

“Ketinggian banjir robnya harus diwaspadai cukup signifikan,” katanya.

Upaya kewaspadaan tersebut dapat dilakukan dengan memantau perkembangan situasi cuaca yang terjadi setiap hari.

“Setiap hari memantau seperti apa kondisinya. Apakah hujan cukup signifikan tetap terjadi di wilayah Jabodetabek,” katanya.

Selain di Jakarta, kata dia, wilayah perairan yang akan mencapai ketinggian maksimum adalah di perairan Semarang dan pantai utara.

 

Disadur : https://www.suara.com/news/2020/01/08/060605/permukaan-air-laut-di-jakarta-meninggi-waspada-terjangan-banjir-rob

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 + sixteen =