CURUG CINULANG CICALENGKA BANDUNG

Curug Cinulang di Cicalengka Bandung, tempat wisata air terjun ini ada di perbatasan kabupaten Bandung dengan Sumedang. Meski di perbatasan, lokasinya ngga begitu jauh dari pusat kota.

Lokasi Curug Cinulang Bandung

Curug Cinulang katanya sih termasuk ke dalam wilayah Sumedang, tepatnya di desa Sindulang, kecamatan Cimanggung Sumedang. Tapi, jauh lebih dekat dan mudah untuk dicapai dari Bandung. Nama asli air terjun ini katanya juga adalah curug Sindulang. Tapi lebih dikenal dengan nama curug cinulang, mungkin karena lebih mudah disebutkan ya?

Rute menuju ke Curug Cinulang satu jalur dengan rute ke hutan wisata Kareumbi Masigit. Jadi kalau mau, rekan-rekan bisa sekalian berkunjung ke dua tempat ini.

Curug cinulang bisa dikatakan salah satu wisata curug di Bandung timur yang cukup populer.

Jalan Menuju Curug Cinulang

Untuk menuju kesini, kita tinggal ikuti jalan raya Bandung – Garut dari Cileunyi. Nanti setelah masuk ke jalan by pass Cicalengka, anda akan menemukan jembatan dengan petunjuk ke arah Villa Aki – Enin di sebelah kiri. Ikuti jalan tersebut, dan di perempatan bawah jembatan ambil jalan ke kiri dan ikuti saja terus.

Letak curug cinulang kurang lebih 8 KM dari sini.

Jika menggunakan kendaraan umum, bisa naik angkutan umum dari Bandung ke Cicalengka, dan disambung dengan angkutan pedesaan dari terminal cicalengka jurusan Sindulang-Sindangwangi.

Jalan menuju curug sindulang cukup bagus. Di sepanjang jalan juga terdapat banyak view pegunungan yang indah. Salah satunya bentangan lembah tidak jauh dari jalan masuk diatas. Kita bisa melihat lembahan yang luas dengan sawah terasering, sungai, dan background gunung dibelakangnya..keren lho.

Ikuti saja terus jalan ini. Tidak akan nyasar karena gerbang masuk ke curug cinulang berada tepat di pinggir jalan.

Fasilitas Di Curug Cinulang

Fasilitas yang tersedia disini cukup lengkap. Mushalla, toilet, dan juga terdapat banyak warung tempat makan. Jadi nggak perlu khawatir kalau lapar dan haus, banyak pilihan disini.

Hanya saja, rasanya kurang teratur tempatnya jadi terkesan kumuh. Di area air terjun juga terdapat banyak warung yang memenuhi area bawah, jadinya terasa kurang nyaman saja. Pengelolaan sampah juga terlihat masih kurang. Andai saja diatur lebih baik, tempat ini kayaknya bakal lebih keren lagi.

Harga Tiket Masuk Curug Cinulang

Harga tiket masuk curug cinulang saat saya berkunjung adalah Rp 10.000. Ngga dikasih tiket ? . Jadi kurang tahu apakah harga ini bakal berubah kalau weekend/hari libur atau nggak. Disini, kita bisa bermain di area air terjun, dan berkeliling naik mengikuti jalan ke arah atas. Dulu sih untuk berkeliling ke atas harus bayar tiket lagi. Alasannya katanya karena area depan masuk ke Bandung, sedangkan area atas masuk ke wilayah Sumedang, sehingga tiketnya pun beda.

Sekitar area air terjun, suasananya masih asri dan hijau. Lumayan bikin adem mendengarkan suara air terjun dan ‘tonggeret’. 

Cukuplah buat melepas stress abis seminggu kerja.

So, buat rekan-rekan yang ingin berkunjung ke tempat wisata di Bandung timur, Curug Sindulang/cinulang ini bisa diajdikan salah satu pilihan.

Di sadur : https://www.nativeindonesia.com/curug-cinulang/

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen + seven =