PEMKAB SUMEDANG RAIH PENGHARGAAN MATURITAS SPIP DAN KAPABILITAS APIP LEVEL 3

Sumedang,BarayaKita
Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang kembali mencatatkan prestasi dengan meraih penghargaan Maturitas Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) level 3 dan Penghargaan Kapabilitas Aparatur Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Level 3.

Penghargaan ini diserahkan Direktur Pengawasan Akuntabilitas Program Lintas Sektoral Pembangunan Daerah Adi Gemayan didampingi Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Barat Mulyana kepada Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, di Aula Edelweis Perwakilan BPKP Jawa Barat Jalan Raya Cibeureum No.50 Bandung, Jum’at (6/11/2019).

Penyerahan penghargaan dilakukan pada acara Penetapan Pengurus AAIPI (Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia) Wilayah Jawa Barat Periode 2018-2021 dan seminar AAIPI dengan tema “Kesiapan SDM APIP untuk melakukan Risk Asurance dalam mengawal RPJMN/D tahun 2020-2024”.

Direktur Pengawasan Akuntabilitas Program Lintas Sektoral Pembangunan Daerah Adi Gemayan dalam sambutannya menyampaikan, proses implementasi SPIP telah melalui proses tahapan panjang yang dimulai sejak adanya PP nomor 60 tahun 2008.

Tahapan tersebut, kata Adi, antara lain meliputi, knowing, mapping, norming, forming dan performing yang terus menerus dilakukan pemerintah daerah dengan difasilitasi BPKP baik perwakilan Jawa barat maupun dari kedeputian BPKP pusat.

“Proses ini merupakan terus menerus dan tidak akan berhenti walaupun sudah mendapatkan level 3 baik maturitas SPIP maupun kapabilitas APIP. Masih ada dua level lagi, yaitu level 4 dan level 5, setelah ini PR-nya masih banyak sehingga nanti kedepan selanjutnya harus berancang-ancang untuk mencapai level 4 dan level 5” ujarnya.

Sumber : Humas Sumedang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *