PANTAI FALAJAWA DAN LANDMARK TERNATE

Bagi warga Ternate, Maluku Utara, menikmati akhir pekan dapat dilakukan di mana saja. Nyaris setiap sudut kota ini, terdapat lokasi menarik.

Beberapa orang bisa melakukannya dengan mengelilingi pulau Ternate menggunakan kendaraan darat, beberapanya lagi barangkali bisa memilih merayakannya di jantung kota.
Salah satu lokasi menarik adalah Pantai Falajawa. Berada tepat di pusat kota, membuat pemandangan wisata ini berbeda dengan wisata pantai umumnya. Tidak ada hamparan pasir. Lokasi ini memang daerah reklamasi yang disulap menjadi zona ekonomi dan destinasi wisata.
Meski kedalaman perairan Pantai Falajawa bekisar antara 3-5 meter, tetap saja ramai. Terlihat beberapa bahkan membawa anak kecil. Rata-rata memang bersama keluarga.
Lokasi ini sendiri dibikin Pemerintah Kota Ternate dengan nama “Tangga Batobo”. Kata “Batobo” sendiri bisa diartikan sebagai mandi atau berenang. Hampir setiap hari ramai pengunjung.
Namun, sepertinya, akhir pekan atau hari libur kerap lebih banyak pengunjung. Di lokasi itu juga disediakan sejumlah fasilitas, semacam keramba atau bakul untuk warga atau pengunjung yang berenang jaraknya sedikit jauh dari tepi kota. Juga ada ban renang yang disewakan untuk yang tidak tahu berenang.
Sejumlah pedagang tampak memenuhi sepanjang jalan Pantai Falajawa. Aneka kuliner seperti jagung, kacang rebus, bakso, pisang lumpur, hingga kopi lesehan pun dijajakan.
Kunjunganmu ke Ternate belum sah kalau belum berfoto dengan latar belakang tulisan Ternate di Pantai Falajawa. Mencicipi jajanan khas Ternate, seperti nasi jaha, lalampo, dan lain-lain, bisa banget kamu lakukan di sini.
Pantai Falajawa juga menjadi titik menyelam yang cukup terkenal di seputar Ternate. Jika ingin sekadar berenang di laut, kamu tidak perlu khawatir. Pengelola Landmark Ternate menyediakan pelampung untuk para pengunjung.
Image credit: @ariefpattiiha (atas) dan @ayubsetyo (bawah)
Menanti matahari terbenam di wisata Ternate yang menakjubkan ini pasti akan menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve − 6 =