GRAFIKA CIKOLE, WISATA KARAKTER BUILDING DI HUTAN PINUS BANDUNG

Pada masa awal pendirian fasilitas wisata ini, Grafika Cikole didirikan hanya untuk penginapan dan restoran. Namun dalam perkembangan selanjutnya pengelola melihat adanya potensi besar kawasan yag bisa dimaksimalkan. Hal ini terindikasi dari tingginya kunjungan yang bukan untuk makan dan menginap, tapi hanya mau berwisata saja.

Memperhatikan antusiasme pengunjung untuk mendatangi tempat wisata ini sangat tinggi, maka dibukalah beberapa paket tambahan untuk wisata. Mulai dari fasilitas camping, sampai fasilitas outbond, flaying fox, lintasan ATV, wisata petik stroberi, dan yang paling seru arena Paint Ball.

Terminal Wisata terpadu Grafika Cikole ini berada di ketinggian 1.400 mdpl dengan dikelilingi oleh hutan pohon pinus yang luas. Tempat ini mempunyai udara yang sejuk, dan dingin dimalam hari. Suru udara siang berkisar 25 derajat celsius dengan suhu terendah 6 derajat celsius di malam hari.

Lokasi Terminal Wisata Grafika Cikole

Kawasan wisata terpadu ini letaknya berada di jalur wisata yang sudah cukup terkenal di daerah Bandung. Berada di jalur menuju ke kawasan wisata Tangkuban Perahu dan juga kawasan wisata alam air panas Ciater yang sudah cukupekenal, membuat lokasi ini mudah didatangi.

Terminal Wisata alam Grafika Cikole Bandung ini terletak di jalan Raya Tangkuban Perahu km 8. Desa Cikole, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.

Rute Menuju ke Terminal Wisata Grafika Cikole

Rute menuju kawasan wisata Taman Grafika Cikole ini mudah dan gampang untuk di jangkau. Kualitas jalan di Jalur wisata yang menuju ke arah Tangkuban Perahu ini aksesnya bagus dan mulus.

Jika berangkat dari arah pusat kota Bandung, para wisatawan bisa mengambil jalur ke arah Tangkuban Perahu. Papan petunjuk sudah cukup banyak yang akan memudahkan para wisatawan. Selama perjalanan, para turis bisa menemukan Terminal Wisata Grafika Cikole yang letaknya berada di sebelah kiri jalan menuju ke Tangkuban Perahu.

Jam Buka Terminal Wisata Grafika Cikole

Untuk jam operasional, mengingat ini merpakan wisata terpadu yang juga menyediakan fasilitas camping ground,maka lokasi ini buka 24 sehari, 7 hari seminggu.

Tiket Masuk Terminal Wisata Grafika Cikole

Untuk tiket masuk ke dalam kawasan, pengunjung dikenakan tiket Masuk : Rp.15.000. Tiket ini belum termasuk biaya tambahan jika ingin mencoba berbagai fasilitas, seperti  outbound, ATV, dan fasilitas lain.

Untuk biaya di Terminal Wisata ini ada 2 jenis, yaitu biaya per wahana, atau biaya paket. Untuk pengunjung yang berencana berada cukup lama di lokasi ini atau yang datang dalam rombongan, apalagi sampai menginap, sangat disarankan mengambil paket saja. Karena sangat banyak penghematan yang bisa diperoleh.

Fasilitas Kuliner Terminal Wisata Grafika Cikole Lembang

Bagi pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini, ada berbagai fasilitas kuliner di lokasi ini. Pemilihannya bisa disesuaikan dengan selera masakan dan selera lokasi. Berikut lima fasilitas kuliner yang ada di terminal wisata grafika cikole di lembang bandung.

1. Restoran Sunda Buana

Restoran Sunda buana berada di bagian paling depan atau gerbang masuk terminal Wisata Grafika Cikole Lembang. Restoran grafika cikole ini adalah tempat yang diperuntukan bagi tamu yang datang secara rombongan dengan kisaran anggota 20 hingga 200 orang.

Fasilitas Restoran ini dilengakapi layaknya café untuk rombongan pada umumnya. Ada live music, mushola, enam belas tolilet serta lahan parkir yang mampu menampung hingga 24 bus pariwisata.

Menu yang ditawarkan di restoran ini menyediakan menu khas bandung. Mulai dari soto bandung, hingga menu khas bandung seperti karedok, sayur lodeh, nila bakar, pepes ikan nila,ikan nila bakar serta sayur asem.

Untuk cara makan, pengunjung bsia memeilih cara parasmanan atau memakai box, dengan menu makan serta harga makanan yang bisa dinegosiasikan sebelumnya.

2. Restoran Sangkuriang

Restoran ini Memiliki eksklusifitas dari model bangunan restaurant. Restoran ini memiliki kapasitas 120 orang. Tempat makan ini sangat nyaman buat wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, karena konsep penyajian makanan secara buffet dan set table, serta di rumah makan ini juga menyediakan kesenian tradisional seperti angklung dan tari jaipongan.

Salah satu balkon restoran sangkuriang menghadap ke arah kawasan hutan pinus, juga ditambah dengan dekorasi bangunan mengambil tema artistis khas Bali, mamapu memberikan suasana yang eksotis dan layaknya sebuah tempat wisata yang romantis. Apalagi saat menjelang malam, temaram cahaya lampu lampion yang menyala akan membuat pengunjung semakin betah di tempat ini.

Untuk menu, restoran sangkuriang mengandalkan menu chinese food dan sea food.

3. Pendopo Hutan

Restoran Pendopo hutan merupakan bangunan tempat makan di atas bukit terbuka. Resotran pendopo hutan memiliki kapasitas tampung 100 orang. Pendopo hutan menyediakan Sound System, sehingga kegiatan rombongan seperti bernyanyi, pertemuan sampai latihan menari bisa dilakukan di sini.

Dengan menu makanan ala parasmanan, tamu wisata rombongan akan bisa menikmati nikmat serta lezatnya menu makanan khas sunda.

4. Aula Bambu

Restoran Aula Bambu Tempat Makan yang mengambil model bangunan bergaya minimalis ala bagunan balai desa khas jawa barat. Restoran Aula Bambu dilengkapi furnitur kayu berupa meja kayu serta bangku kayu panjang.

Resoran Aula Bambu disediakan bagi tamu atau rombongan wisatawan dengan kapasitas 600 orang.

Menu di restoran Aula Bambu disajikan secara parasmanan, dengan harga yang dapat dinegosiasikan dengan harga mulai Rp.12.500/orang untuk minimal pemesanan 20 orang.

5. Saung Lesehan

Rumah makan Saung Lesehan, menggunakan model pondok terbuka, dengan model saung di pesawahan. Restoran ini diperuntukan bagi pengunjung yang datang secara perorangan maupun pengunjung keluarga.

Restoran Saung Lesehan Memiliki 18 saung lesehan dengan berbagai ukuran, kecil kapasiatas 4 orang dan yang besar kapasitas 20 orang. Saung saung ini sangat nyaman untuk tempat menikmati berbagai menu makanan khas parahyangan yang tersedia.

Lokasi tempat saung-saung di restoran Saung Lesehan, diapit oleh dua bukit tempat outbound dan Flying fox.

Fasilitas Outbound di Terminal Wisata Grafika Cikole

Terminal Wisata grafika cikole, memilki arena Outbound yang sangat lengkap. Unutk outbound di terminal wisata grafika Cikole ini terdiri dari Reguler Outbound dan juga clasified Outbound.

Wahana Outbound Di Grafika Cikole Bandung.

Untuk reguler Outbound ada beberapa 8 wahana, yaitu: Flaying Fox, Paint Ball, Jembatan Burma, Jembatan tali dua, Turun tebing, Rumah pohon, jembatan elvis, jaring laba laba, memetik strobery, dan Permainan tradisional.

Classified Outbound  di Terminal Wisata Grafika Cikole

Selain Reguler Outbound yang bisa dinikmati satu persatu, di Terminal Wisata Grafika Cikole ini juga terdapat Paket Classified Outbound. Paket ini berupa serangakian kegiatan outbound yang didesain sesuai dengan peruntukan pengguna.

Ada 3 paket classified outbound yang ditawarkan terminal wisata grafika cikole. Paket itu terdiri atas paket dewasa, paket training sekolah, dan paket training anak.

Untuk mengikuti masing masing paket, pengunjung disyaratkan minimal mengajak rombongan sebanyak 20 orang.

1. Classified Outbound Dewasa

Terminal Wisata Grafika Cikole Lembang menyediakan Paket Outbound Bandung Training dan Event untuk perusahaan maupun instansi dengan jumlah minimal peserta 20 orang.

Ada 3 pilihan paket dneganharga yang berbeda yaitu Paket A Rp 85.000/pax, Paket B Rp 100.000/pax dan Paket C Rp.125.000/pax.

Outbound paket dewasa ini terdiri atas beberapa segmen kegiatan, yaitu: ice breaking, fun game berkelompok, team game, dam personal game. Perbedaan harga pada masing masing paket disebabkan perbedaan jumlah permainan dalam setiap segmen kegiatan itu.

2. Classified Outbound Anak

Paket ini disediakan untuk anak dengan usia maksimal kelas 3 SD. Untuk paket Outbound Traning Sekolah, Terminal Terminal Wisata Grafika Cikole ini menyediakan beraneka macam permainan yang tentu saja sangat menarik dan juga menantang. Kegiatan didesain untuk pengembnagan karakter, menumbuhkan rasa percaya diri, solutif dan juga Team Work.

Ada 2 pilihan paket dengan harga yang berbeda, yaitu Paket A Rp 50.000/ pax dan paket B Rp 65.000/ pax.

Outbound paket anak ini terdiri atas beberapa segmen kegiatan, yaitu: ice breaking, team game, Rumah pohon, Persoal game, dan tambahan Stawberry game untuk paket B. Untuk informasi lengkap mengenai jenis jenis materi kegiatan clasified Outbound Dewasa ini bisa dilihat di sini.

3. Classified Outbound Training Sekolah

Untuk paket Outbound Traning Sekolah, Terminal Terminal Wisata Grafika Cikole ini juga sudah menyediakan beraneka macam permainan yang tentu saja sangat menarik dan juga menantang. Tentu saja untuk menumbuhkan rasa percaya diri, solutif dan juga Team Work.

Ada beberapa paket seperti mencoba permainan Flying fox, Jembatan Tali 2 dan juga Jembatan Gantung. Sementara paket lain seperti materi Outbond berupa Ice Breaking, Bambu Goyang dan juga Pipe dan Ball serta Flying fox, Jembatan Tali Dua dan terakhir Turun Tebing.

Simak: wisata alam di Sanghyang Heuleut

Menginap di Terminal Wisata Grafika Cikole

Jika kita berniat untuk menghabiskan malam di area Terminal Wisata Grafika Cikole, kita bisa bebas memilih tempat untuk menginap, mulai dari hotel, pondok wisata, hingga camping ground.

1. Hotel Grafika Cikole

Jika ingin menginap dihotel yang memiliki 8 buah kamar ini, di saat weekend. Kamar berkapasitas 2 orang ini memiliki fasilitas lengkap seperti kamar mandi yang dilengkapi dengan air panas, televisi, dan sarapan.

2. Pondok Wisata Alam

Jika kita ingin merasakan serunya menginap di rumah hobbit, kita bisa memilih penginapan Pondok wisata. Pondok Wisata Alam berada di antara bukit pohon pinus dengan hamparan rumput yang hijau. Terdapat 3 tipe pondok yang bisa di pilih, yaitu pondok Pinus, Damar, dan Cemara. Ketiga tipe pondok tersebut mampu menampung 6 orang

3. Camping Ground

Untuk yang datang beramai-ramai bersama sahabat dan keluarga, tidak ada salahnya kamu memilih menginap di area camping Terminal Wisata Grafika Cikole. Ada 2 jenis tenda yang bisa kamu pilih, yaitu tenda VIP dan tenda Pleton. Penyewaan tenda juga sudah dilengkapi dengan matras, sleeping bag, api unggun, dan kamar mandi di luar.

Tips berlibur ke Grafika Cikole

Jika berniat untuk mengunjungi kawasan wisata alam Grafika Cikole ini, para wisatawan harus menyiapkan beberapa perlengkapan. Salah satunya adalah jaket dan baju yang tebal serta kaus kaki.

Pakaian hangat ini akans angat berguna. Kawasan wisata ini memiliki suhu yang sangat dingin. Di siang hari saja Grafika Cikole memiliki suhu maksimal 20 derajat. Sedangkan di malam hari bisa mencapai 5 derajat Celcius.

Untuk perlengkapan kemah tidak perlu membawa. Pasalnya semua sudah tersedia di sini.

Peralatan lain yang bisa dibawa adalah sepatu yang enak dan nyaman untuk digunakan di area rumput dan hutan.

Demikian pembahasan mengenai kawasan wisata “one stop living” ini. Semoga bisa jadi tambahan informasi untuk menyiapkan perjalanan yang menyenangkan ke lokasi ini.

Sumber : https://www.nativeindonesia.com/grafika-cikole/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *