SEMEN PADANG VS BALI UNITED: POTENSI PESTA JUARA DI RANAH MINANG

Bali United selangkah lagi keluar sebagai juara Shopee Liga 1 2019. Tim berjulukan Serdadu Tridatu ini hanya membutuhkan satu poin ketika menyambangi Stadion H. Agus Salim, Padang, untuk menantang Semen Padang pada laga pekan ke-30, Senin (2/12/2019).

Saat ini, Bali United unggul 15 angka dari pesaing terdekatnya, Borneo FC. Sementara, kompetisi menyisakan lima pertandingan lagi. Maksimal, Borneo FC menyabet 15 poin untuk menyamai poin Bali United.

Jika keduanya punya nilai yang sama pada akhir musim, Borneo FC bakal menjadi juara Liga 1 2019 karena unggul rekor pertemuan merujuk regulasi kompetisi.

Pada pertemuan pertama, Borneo FC kalah 1-2 dari Bali United dan membalas enam gol tanpa balas pada perjumpaan kedua.

Di hari yang sama, Borneo FC bakal menantang PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar. Jika tim berjulukan Pesut Etam itu gagal menang atau maksimal meraih hasil seri, otomatis Bali United akan berpesta.

Namun, Bali United masih perlu waswas. Pasalnya, lawan yang dihadapi saat ini berada di zona degradasi. Tentu, Semen Padang punya motivasi berlipat untuk mengalahkan Serdadu Tridatu. Tiga poin penting nilainya untuk Irsyad Maulana dkk. kaitannya dengan menyelamatkan diri agar tidak turun kasta.

Hanya, di saat butuh poin dan skuat komplet, hal sebaliknya justru menimpa tim Kabau Sirah. Pemain pilar seperti Teja Paku Alam, absen karena izin melangsungkan pernikahan. Selain itu, Roni Rosadi yang pada beberapa laga terakhir tampil baik mengisi posisi bek kanan, juga harus absen karena terkena hukuman akumulasi kartu.

Di atas kertas, kondisi ini tentu akan mengurangi kekuatan Semen Padang. Belum lagi pada putaran pertama, Semen Padang digilas Bali United 1-4. Pelatih Semen Padang, Eduardo Almeida, memilih tidak memusingkan kondisi ini. Ia lebih memilih fokus meraih tiga poin dengan stok pemain yang ada.

“Kami tidak memiliki banyak waktu untuk persiapan. Jadi, saat ini apa yang kami lakukan sama seperti persiapan sebelumnya, yaitu berusaha melakukan yang terbaik untuk meraih tiga poin. Bali United tim kuat, mereka hampir menjadi juara, meski belum resmi. Namun, mereka sangat dekat dengan gelar juara dan saya harap mereka bisa mewujudkannya. Bahkan saya yakin mereka akan mewujudkannya. Tapi, tidak di pertandingan ini,” ujar Eduardo Almeida.

Tak Mudah buat Bali United

Senada dengan Eduardo Almeida, bek kanan Semen Padang, Muhammad Rifqi, mengatakan siap untuk kembali menjaga tren positif di dua laga terakhir.

Terutama pada laga kandang sebelumnya, Semen Padang mampu meraih kemenangan krusial atas Kalteng Putra (21/11/2019). Bahkan pada laga berikutnya, Kabau Sirah mampu menahan tuan rumah Persebaya (28/11/2019). Hal itu tentu sangat memotivasi pemain.

“Yang pasti kami siap untuk menjaga tren positif karena kemarin kami bisa menang di kandang. Semoga kali ini kami juga bisa memenangi dan mempertahankan kemenangan kandang karena ini sangat penting. Hasil tiga poin akan menentukan langkah kami ke depannya,” tutur Rifqi.

Di sisi lain, pertandingan kali ini masih dalam suasana HUT ke-39 Semen Padang. Bali United yang datang sebagai tim tamu, mengucapkan selamat atas bertambahnya usia tim tuan rumah.

Namun, bukan lantas berarti mereka ingin memberikan kado ulang tahun kepada Kabau Sirah.

“Mewakili teman-teman, kami sudah siap untuk bekerja keras di pertandingan nanti. Di pertandingan sebelumnya kami bisa menang atas Persib dan kami bertekad mempertahankan tren positif ini. Semoga kami bisa bermain baik dan bisa menghibur semua yang menyaksikan pertandingan,” ujar Yabes Roni, pemain Bali United.

Yabes tetap menganggap pertandingan tidak akan berjalan mudah untuk timnya.

“Tapi, memang saya rasa tidak akan mudah karena kami tahu Semen Padang pasti punya motivasi untuk menang di kandang. Menurut saya, mereka juga tim bagus yang punya kekompakan antarpemain. Tapi, sekali lagi kami datang ke sini dengan keinginan untuk bisa meraih poin,” imbuhnya.

Prakiraan Susunan Pemain

Semen Padang (3-5-2): Rendy Oscaria (kiper); Boas Artururi, Dedi Gusmawan, Syaeful Anwar (belakang); Dedi Hartono, Yu Hyun-koo, Leo Guntara, Manda Cingi, Flavio Beck (tengah); Irsyad Maulana, Vanderlei Fransicco (depan)

Pelatih: Eduardo Almeida

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan (kiper); I Made Andhika Wijaya, Willian Pacheco, Leonard Tupamahu, Ricky Fajrin (belakang); Brwa Nouri, Fadil Sausu, Paulo Sergio (tengah); Stefano Lilipaly, Melvin Platje, Ilija Spasojevic (depan)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

 

Semen Padang vs Bali United 

Prediksi Bola.com: 40-60

Bali United memiliki kedalaman skuat lebih baik dan sangat termotivasi “menuntaskan” perjuangan untuk setidaknya mencuri poin dari Semen Padang untuk merebut titel juaraa Shopee Liga 1 2019.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *