PENYAKIT YANG MENYERANG DI MUSIM HUJAN

Sejumlah penyakit perlu dipwaspadai di musim penghujan. Pasalnya, munculnya kasus penyakti tersebut dipengaruhi oleh musim dan selalu meningkat di setiap musim penghujan.

Selain penyakit demam berdarah, penyakit leptospirosis ini juga perlu diwaspadai. Itu juga terjadi pada waktu-waktu gini (musim penghujan). Selain itu juga ISPA, diare karena sampah-sampah bertebaran banyak lalat, itu juga perlu diwaspadai.

DBD itu dipengaruhi oleh musim. Jadi setiap musim penghujan itu meningkat (kasusnya). Kenapa begitu, karena tempat perindukan nyamuk-nyamuk itu kan membutuhkan genangan air. Setiap tahun pasti begitu. Tahun ini juga begitu, Januari meningkat, Februari masih tapi sudah mulai turun dan biasanya Maret turun, April sudah sedikit sekali. Biasanya bulan Oktober itu mulai naik lagi. Itu siklus tahunannya seperti itu.

Selanjutnya, penyakit yang perlu diwaspadai di musim penghujan yakni penyakit leptospirosis atau penyakit kencing tikus. Karena penyakit itu juga meningkat di musim-musim penghujan.
Kondisi becek, genangan air, terus habis banjir itu harus kita waspadai, karena (penyakit leptospirosis) ditularkan melalui kencing tikus. Jadi kalau di tempat becek atau genangan air tidak pakai pelindung diri, itu bisa terinfeksi.

Jumlah kasus penyakit leptospirosis menang tidak sebanyak DBD. Namun tingkat kematiannya lebih tinggi.

Kalau demam berdarah itu yang meninggal di bawah 1 persen dari jumlah kasus, kalau leptospirosis itu bisa 30 persen, 20 sampai 30 persen. Makanya harus hati-hati. Kasusnya tidak begitu banyak tetapi kematiannya tinggi.

Himbauan kepada msyarakat, kalau berjalan di tempat air, becek, di tempat genangan harus pakai alat pelindung diri. Sepatu boat, sarung tangan plastik. Kalau bersih-bersih got itu pakai alat pelindung diri itu, karena got itu juga kemungkinan ada sumber-sumber penularan.

Langkah antisipasi lainnya yaitu dengan memberantas tikus.
Kita juga harus melindungi diri jangan sampai terinfeksi. Luka sedikit, bisa masuk lewat situ.

Sumber : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4436665/ragam-penyakit-yang-menyerang-di-musim-hujan-dbd-hingga-leptospirosis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *