Ridwan Kamil Resmikan Bank Sampah: Indonesia Negara No.2 Penyumbang Sampah Plastik Ke Laut Terbanyak di Dunia

Pangandaran – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hari ini, Sabtu (13/7/2019) meresmikan Bank Sampah di Desa Cikembulan, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran. Bank Sampah ini didirikan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Pemukiman (Puslitbankim) Kementrian PUPR. Bank sampah ini kedepannya bakal menjadi aset Pemerintah Kabupaten Pangandaran yang pengelolaannya bekerjasama dengan BUMN.

Ridwan Kamil dalam sambutannya mengatakan, keberadaan sampah di Indonesia berbanding lurus dengan jumlah penduduk, dari hasil penelitian, Indonesia menduduki peringkat ke 2 penyumbang sampah plastik ke laut. Lebih lanjut Ridwan Kamil mengajak masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan supaya kelestarian alam dan lingkungan tetap terjaga, bersih dan nyaman.

Ridwan Kamil mengatakan bahwa keberadaan Bank sampah di Kabupaten Pangandaran diharapkan bisa menjadi motivasi masyarakat untuk lebih rajin menabung, masyarakat pangandaran tinggal memilah sampah maka sama dengan menabung emas, imbuhnya. Dan jika nasabah bank sampah tabungannya sudah senilai 3 gram emas, maka nasabah tersebut bisa masuk daftar tunggu antrean naik haji.

Dengan Managemen yang diterapkan oleh pengelola diharapkan bisa dimanfaatkan masyarakat agar ikut berpartisipasi menabung di Bank sampah. Pungkasnya.

 

Kontributor : C’ Papap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + fifteen =