Pemerintah Tetapkan Awal 01 Ramadhan 1440 H Hari Senin 06 Mei 2019

JAKARTA – Pemerintah Melalui Kementrian Agama menetapkan awal Ramadhan 1440 H jatuh pada hari Senin, 06 Mei 2019. Penetapan awal Ramadhan ini berdasarkan hasil sidang Isbat tadi sore Minggu, 05 Mei 2019  pkl. 18.50 WIB, yang dilaksanakan di Kantor Kementrian Agama Jl. MH Thamrin Jakarta.

Penentuan 1 Ramadhan 1440 H. dipimpin langsung Oleh Menteri  Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Sidang Isbat digelar secara tertutup dan dihadiri sejumlah tokoh di antaranya dari PBNU, PP Muhammadiyah, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher dan Imam Besar Istiqlal Nasaruddin Umar. Hadir pula Duta Besar negara-negara sahabat, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Sebelum sidang Isbat, Menteri Agama Lukman telah mendengarkan pemaparan posisi hilal dari 34 provinsi terlebih dahulu.

Sidang Isbat digelar secara tertutup serta dihadiri sejumlah tokoh di antaranya dari PBNU, PP Muhammadiyah, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ketua Komisi VIII DPR,  Imam Besar Istiqlal,  Duta Besar negara-negara sahabat, LAPAN, BMKG, pejabat eselon I dan II Kementerian Agama, serta Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Sebelum Memutuskan penentuan awal Ramadhan dalam sidang Isbat, Menteri Agama  terlebih dahulu mendengarkan pemaparan posisi hilal dari 34 provinsi terlebih dahulu.
Jadi bagi barayakita, besok Senin 06 Mei 2019 sudah mulai puasa ya, dan inilah Bacaan doa niat puasa Ramadhan sebulan penuh:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ كِلِّهِ لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu souma syahri ramadhana kul’lihi lil’lahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat berpuasa selama satu bulan penuh pada bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Taala”.

Inilah Bacaan doa niat puasa Ramadhan harian:

نـَوَيْتُ صَوْمَ غـَدٍ عَـنْ ا َدَاءِ فـَرْضِ شـَهْرِ رَمـَضَانَ هـَذِهِ السَّـنـَةِ لِلـّهِ تـَعَالىَ

Nawaitu saumagadin an’adai fardi syahri ramadhana hadzihissanati lillahita’ala

Artinya: “Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa pada bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Taala”.

Bagikan Postingan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 + eighteen =