16 NOVEMBER 2020, PERINGATAN DUA HAL PENTING DUNIA

Hari ini Senin, 16 Novembeer 2020 merupakan peringatan Hari Toleransi Internasional.

Hari Toleransi Internasional ditetapkan oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tanggal 1996, dengan harapan untuk memperkuat teloransi dengan meningkatkan rasa saling pengertian antar budaya bangsa.

Bertepatan ada dua momen penting di bulan November, yaitu memperingati Hari Toleransi Internasional, dan Hari Konferensi Warisan Sedunia.

Sedangkan Hari Konferensi Warisan Dunia diperingati juga pada tiap 16 November sebagai peringatan mengenai pemeliharaan kebudayaan dan alamiah dunia yang diikuti oleh konferensi umum UNESCO pada tanggal 16 November 1972.

Melansir laman United Nations, prinsif-prinsif toleransi adalah untuk menghormati budaya, kepercayaan-kepercayaan, tradisi-tradisi, dan memahami risiko-risiko yang disebabkan oleh intoleransi. Sejarah Hari Toleransi Internasional Pada ulang tahun ke-50 UNESCO, 16 November 1995, negara-negara anggota UNESCO mengadopsi Deklarasi Prinsip-Prinsip Toleransi.

Selain itu, untuk menghormati budaya, kepercayaan-kepercayaan, tradisi-tradisi, dan  memahami risiko-risiko yang disebabkan oleh intoleransi. Deklarasi ini menegaskan toleransi bukanlah perbedaan. Toleransi adalah bentuk penghormatan dan apresiasi kepada kekayaan budaya yang ada di dunia dan bentuk ekspresi sebagai manusia.

Toleransi mengakui hak asasi manusia secara universal dan kebebasan fundamental antar manusia satu dengan lainnya. Secara alami, orang-orang berbeda satu sama lainnya. Oleh karena itu, hanya toleransi yang dapat memastikan keberlangsungan masyarakat yang beraneka ragam di seluruh dunia.

Deklarasi ini menyoroti toleransi bukan hanya sebagai tugas moral, tetapi juga prasyarat politik dan legal bagi individu, kelompok, maupun negara. Deklarasi tersebut menempatkan toleransi dalam hubungannya dengan instrumen-instrumen hak asasi manusia internasional yang disusun selama lima puluh tahun terakhir.

Peringatan yang digagas oleh UNESCO ini juga berlatar belakang dari terjadinya ketidakadilan dan kekerasan, diskriminasi dan marginalisasi, yang merupakan bentuk umum dari intoleransi. Pendidikan toleransi yang diinisiasi melalui peringatan Hari Toleransi Internasional bertujuan untuk melawan pengaruh yang mengarah pada ketakutan dan pengucilan pada orang lain.

Selain itu, untuk membantu generasi muda mengembangkan kapasitas independen, pemikiran kritis, serta penalaran etis. Keberagaman yang ada seperti agama, bahasa, budaya, dan etnis bukan alasan untuk terjadinya sebuah konflik, tetapi harta yang memperkaya semua.

Maka atas dasar itulah deklarasi tersebut, 16 November diperingati sebagai hari toleransi Internasional.

 

Sumber : https://mediapakuan.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-63959323/tahukah-kamu-16-november-2020-merupakan-dua-hal-penting-dunia-yang-kita-peringati-hari-ini?page=3

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + sixteen =